UPAYA PENINGKATAN HAISL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK DI KELAS V SD NEGERI 107415 TANJUNG SARI BATANG KUIS T.A 2013/2014

Pertiwi, Afriari (2014) UPAYA PENINGKATAN HAISL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK DI KELAS V SD NEGERI 107415 TANJUNG SARI BATANG KUIS T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.1103111001 cover.pdf]
Preview
Text
1.1103111001 cover.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2.1103111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2.1103111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (724kB) | Preview
[thumbnail of 3. 1103111001 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. 1103111001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 4. 1103111001 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. 1103111001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 5. 1103111001 DAFTAR  ISI.pdf]
Preview
Text
5. 1103111001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 6. 1103111001 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 1103111001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 7. 1103111001 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 1103111001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 8.1103111001 DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
8.1103111001 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 9.1103111001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9.1103111001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 10.  1103111001 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. 1103111001 BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 14. 1103111001 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. 1103111001 BAB V.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 15.  1103111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. 1103111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas V yang tergolong masih rendah dan belum mencapai KKM yang telah ditentukan, hal tersebut diakibatkan oleh banyak hal, termasuk penggunaan metode pembelajaran yang belum tepat.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode Talking Stick, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 107415 Tanjung Sari Batang Kuis Tahun Ajaran 2013/2014. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :” Apakah penerapan metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa khususnya pada materi pokok Mengomentari Persoalan di kelas V SD Negeri 107415 Tanjung Sari, Batang Kuis T.A 2013/2014.Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan observasi. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar siswa. Secara individu siswa dikatakan tuntas jika memenuhi KKM yang ditentukan oleh sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indoneisa yaitu 65 dan secara klasikal dikatakan tuntas jika diperoleh ≥85% siswa yang tuntas belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu suatu kegiatan penelitian yang dilakukan secara sistematis dari upaya melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan refleksi mereka mengenai tindakan tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 107415 Tanjung Sari Batng Kuis Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah 40 orang siswa yang terdiri dari 20 orang perempuan dan 20 orang laki-laki. penerapan metode pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi pokok mengomentari persoalan. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan desain tipe Kemmis dan Mc Taggart. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan test awal kepada siswa pada pre test, siklus I dan siklus II dan lembar observasi untuk menilai sikap siswa dan guru saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I dan siklus II nilai rata-rata kelas masing-masing 76 dan 82,07. Untuk persentase ketuntasan klasikal adalah 82,5% dan 95% .Sehingga dengan demikian penelitian dikatakan berhasil pada siklus II karena telah mencapai KKM dan persentase ketuntasan klasikal dengan kriteria sangat tinggi. Oleh sebab itu disarankan kepada guru, untuk dapat menggunakan metode Talkinng Stick dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar, terkhusus pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.6 Per u
Keywords: Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Talking Stick; Mengomentari Persoalan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 02 Aug 2016 08:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7919

Actions (login required)

View Item
View Item