Tarigan, Martha Lena Br. (2013) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF DI TK GALILEO DISKI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104313006 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
1104313006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
1104313006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
1104313006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
1104313006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
1104313006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
1104313006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
1104313006 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
1104313006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
1104313006 Bab I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
1104313006 Bab V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
1104313006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemandirian anak usia 5-6 tahun di TKGalileo Diski dapat dikembangkan dengan permainan konstruktif. Oleh sebab itu, diupayakansuatu tindakan, dimana tindakan tersebut bertujuan untuk mengetahui perkembangankemandirian anak kelas B di TK Galileo Diski pada kegiatan permainan konstruktif.Jenis tindakan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahap. Objek dalam penelitian tersebutadalah anak kelas B TK Galileo Diski berjumlah 25 orang, yang terdiri dari 11 anak laki-lakidan 14 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Galileo Diski dengan persetujuankepala sekolah dan yang menjadi subjek adalah permainan konstruktif dengan menyusun stikwarna menjadi bentuk segitiga dan persegi empat. Pelaksanaan PTK dilakukan selama 2bulan mulai Juli sampai dengan Agustus. Dengan alat pengumpul data yang digunakan olehpeneliti adalah lembar observasi. Adapun indikator yang dibuat yaitu Kemampuan fisik,Aspek pengembangan percaya diri, Bertanggung jawab, disiplin, Pandai bergaul, Salingberbagi dan Mengendalikan emosi. Tingkat perubahan kemandirian anak dalam permainankonstruktif pada Siklus I pertemuan 1 menunjukkan kemandirian anak belum berkembangdengan skor rata-rata 1,47 dan pertemuan 2 kemandirian anak cukup berkembang denganskor rata-rata 2,31. Pada siklus II pertemuan 1 kemandirian anak berkembang dengan skorrata-rata 2,68 dan pertemuan 2 kemandirian anak sangat berkembang dengan skor rata-rata3,30.Dari hasil temuan penelitian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa permainankonstruktif dapat meningkatkan perkembangan kemandirian anak usia 5-6 tahun dengankegiatan menyusun stik warna menjadi bentuk segitiga dan persegi empat di TK GalileoDiski. Permainan konstruktif juga dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar anak.Permasalahan yang paling banyak ditemukan dalam penelitian tersebut adalah peneliti masihharus memberi bimbingan pada anak dalam melatih motorik halusnya karena anak barumemasuki sekolah di awal ajaran baru, peneliti masih merasa sulit mengetahui caramelakukan pendekatan dengan anak, peneliti belum sepenuhnya mampu membimbing danmengarahkan setiap anak dalam melakukan kegiatan. Walaupun belum semua langkahlangkahdalam permainan konstruktif diterapkan oleh peneliti namun sudah menunjukkanhasil yang baik. Oleh sebab itu, apabila penerapan permainan konstruktif dilakukan lebih baikdari peneliti maka dapat diyakini perkembangan kemandirian anak akan lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.019 Tar u |
Keywords: | Kemandirian; Permainan konstruktif; Anak usia dini. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7884 |