Siahaan, Ribka Lusia (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKTIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V SDN 101774 SAMPALI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311068 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
1103311068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
1103311068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
1103311068 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
1103311068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
1103311068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
1103311068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1103311068 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
1103311068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1103311068 BAB I.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
1103311068 BAB V.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
1103311068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan afektif siswa pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V SDN 101774 Sampali pada materi keputusan bersama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran value clarification technique dapat meningkatkan kemampuan afektif siswa pada materi pokok Keputusan Bersama kelas V SDN 101774 Sampali ?.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 38 orang siswa yang berasal dari siswa kelas V-B pada tahun ajaran 2013/2014. Kegiatan ini dilakukan pada saat pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes tertulis. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan. Penelitian yang dilakukan dengan cara tindakan siklus I dan siklus II. Berdasarkan analisis data penelitipada saat pre test terdapat 11 siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75 (28,94%), dan ≤ 75 sebanyak 27 siswa (71,05%), kemudian pada post tes di siklus I terjadi peningkatan dimana terdapat 23 siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75 (60,52%), dan ≤ 75 sebanyak 15 siswa (39,47). Selanjutnya setelah dilakukan post tes di siklus II hampir semua siswa mendapatkan nilai ≥ 75, sebanyak 32 siswa (84,21%), dan hanya ada 6 siswa yang mendapat nilai ≤ 75 (15,78%).Dengan demikian maka dapat dikatakan hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan terbukti berdasarkan tindakan siklus I dan siklus II bahwa penggunakan model pembelajaran value clarification technique dapat meningkatkan kemampuan afektif siswa kelas V SDN 101774 Sampali pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam materi keputusan bersama. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran value clarification technique dalam menyampaikan materi pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Sia m |
Keywords: | Afektif; Teori Sikap; Model Pembelajaran; Value Classification; PKN; SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7872 |