Ginting, Ruth Vitriani (2014) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 1 TIGAPANAH KABUPATEN KARO TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103151060 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
1103151060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
1103151060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
1103151060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
1103151060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
1103151060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
1103151060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
1103151060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
1103151060 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
1103151060 BAB I.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
1103151060 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
1103151060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Tigapanah Tahun Ajaran 2014-2015. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengumpulan data melalui angket. Instrumen yang digunakan adalah angket keterampilan berpikir kritis untuk menjaring data tentang keterampilan berpikir kritis siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) yang terdiri dari 2 siklus, siklus I dan siklus II masing-masing siklus dilakukan dua kali pertemuan. Analisis data menggunakan perhitungan Persentase.Berdasarkan hasil analisis angket sebelum diberikan tindakan, diketahui bahwa dari 31 orang siswa diperoleh 10 orang siswa yang bermasalah dalam keterampilan berpikir kritis. Sepuluh orang siswa tersebut 2 memperoleh skor dengan kriteria tinggi dan 2 orang dengan kriteria sedang dan 6 orang dengan kriteria rendah. Dari hasil analisis data pada siklus I setelah diberikan tindakan diketahui 4 orang siswa yang mengalami peningkatan kemampuan keterampilan berpikir, sehingga persentase keberhasilan memperoleh 40%. Pada siklus II terjadi peningkatan pada keterampilan berpikir kritis siswa yaitu 80% karena diperoleh 8 orang siswa yang mengalami peningkatan. Walaupun masih ada 2 orang siswa yang dikategorikan sedang, namun tingkat keberhasilan layanan sudah mencapai target yakni di atas 75%. Sedangkan jika dilihat keberhasilan keseluruhan siswa yang mengikuti kegiatan yaitu mencapai 93,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada kelas VIII-4 di SMP Negeri 1 Tigapanah Tahun Ajaran 2014-2015. Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama ini dapat digunakan untuk membantu meningkatkan dan memperbaiki kemampuan berpikir siswa dalam belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Gin m |
Keywords: | Berpikir Kritis; Bimbingan Kelompok; Sosiadiama, Keterampilan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7857 |