Ompu Sunggu, Relly Juniar (2014) PENGARUH PERMAINAN PLAYDOUGH WARNA TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CAHAYA BANGSA MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103113043 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
1103113043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
1103113043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1103113043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1103113043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
1103113043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103113043 BAB I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
1103113043 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
1103113043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1103113043 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Perkembangan kreativitas anak masih rendah yang ditandai dengan anak masih kurang eksploratif, kurang dalam hal bertanya, belum mampu bereksperimen, kurang berimajinasi dan rasa ingin tahu anak juga belum tersalurkan secara luas. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan kreativitas yaitu dengan penerapan permainan playdough warna. Bermain playdough adalah salah satu aktivitas yang bermanfaat untuk perkembangan otak anak. Yang mana melalui permainan playdough warna bisa mengenalkan berbagai macam konsep, antara lain : tekstur, warna, ukuran, serta merangsang kreativitas (anak berlatih untuk menciptakan sesuatu).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun dengan cara menerapkan permainan playdough warna di TK Cahaya Bangsa Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Objek penelitian ini adalah kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Cahaya Bangsa Medan TA 2014/2015. Subjek penelitian adalah anak kelas B2 (Grace) yang berjumlah 22 orang.Variabel bebas adalah permainan playdough warna sedangkan variable terikat adalah kreativitas. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu pedoman observasi. Analisa data menggunakan uji-t. Dan observasi dilakukan oleh peneliti dengan pedoman observasi yang telah disediakan.Hasil analisa data diperoleh bahwa terdapat peningkatan kreativitas anak yang signifikan pada kegiatan belajar dengan menggunakan permainan playdough warna. Adapun hasil uji-t pada taraf signifikansi 0,05 dengan criteria pengujian uji pihak kanan dimana harga harga thitung ˃ ttabel atau 27,25 ˃ 1,6853 dengan dk = (n1 + n2 – 2) dan ttabel diperoleh dari hasil interpolasi. Maka dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan yang diperoleh terhadap kreativitas anak dengan menggunakan kegiatan permainan playdough warna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.018 Omp p |
Keywords: | Kreativitas; Permainan; Playdough Warna; Menggambar; Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7800 |