Silalahi, Desi Christiany (2014) PENGARUH PERMAINAN MEMANCING IKAN TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 1 SIBORONGBORONG, KABUPATEN TAPANULI UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101113003 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1101113003 LEMBAR PENGESAHAN - PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
1101113003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1101113003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1101113003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1101113003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1101113003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1101113003 BAB I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
1101113003 BAB V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
1101113003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Kemampuan berhitung permulaan sangat diperlukan bagi anak dalam melaksanakan kegiatan belajar untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-harinya. Masalah yang yang dijumpai di lapangan adalah kurangnya kemampuan berhitung permulaan anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, penelitian ini memiliki populasi yang terdiri dari 3 kelas yakni B1,B2 dan B3 yang berjumlah 68 siswa, dengan menggunakan sampel sebanyak 2 kelas yang di pilih secara acak (random) yang masing-masing kelas terdiri dari 21 siswa, di mana kelas B1 sebagai kelas eksperimen yang pembelajaran berhitung permulaan menggunakan permainan memancing ikan dan kelas B2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan ikan manipulatif. Instrument pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Untuk mendeskripsikan data penelitian digunakan teknik analisis statistik deskriptif, dengan uji t dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol di mana kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 12,95 dengan nilai tertinggi 15 dan nilai terendah 10, dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 8,19 dengan nilai tertinggi 11 dan nilai terendah 6. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berhitung permulaan di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan terlihat bahwa thitung = 31,481 > ttabel = 1,684 yang menunjukkan t hitung lebih besar dari t tabel. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan: Ada pengaruh yang signifikan antara permainan memancing ikan terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Siborongborong.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.019 Sil p |
Keywords: | Kemampuan Berhitung; Berhitung Permulaan; Permainan; Memancing Ikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7793 |