Irena, Sri (2014) PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK - ALFIKRI SCHOOL MEDAN T.A.2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104313012 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1104313012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
1104313012 KATA PENGANTAR RENA.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1104313012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1104313012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
1104313012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
1104313012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
1104313012 BAB I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
1104313012 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1104313012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1104313012 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Pengembangan keterampilan berbicara anak di TK AL-Fikri Schoolbelum maksimal dan cenderung mendapat hambatan. Tidak semua anak mampumenguasai keterampilan berbicara. Rendahnya keterampilan berbicara anakterlihat dari kemampuan anak yang sulit berkomunikasi dengan bahasa lisan, sulitmengemukakan pendapat dengan sederhana, sulit memberi informasi, sulitmenjawab pertanyaan, malu untuk bertanya, sulit untuk menceritakan pengalamanyang sederhana, dan kemampuan kosa kata anak pun masih terbatas. Pendidikatau guru seyogyanya memfasilitasi dengan cara menggunakan metodepembelajaran yang dapat merangsang minat anak untuk berperan aktif dalamkegiatan pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melaluikegiatan bermain peran.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaanmetode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anakkelompok B di TK Al Fikri School? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui penggunaan metode role playing dalam meningkatkan keterampilanberbicara anak kelompok B di TK Al Fikri School. Subjek penelitian ini adalahanak usia 5-6 tahun di kelas B TK Al Fikri School Medan yang berjumlah 13orang, yang terdiri dari 7 orang anak perempuan dan 6 orang anak laki-laki. Objekpenelitian ini adalah penggunaan metode role playing dalam meningkatkanketerampilan berbicara anak. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan datadalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja/kemamuan (performa test). Teknikanalisis data menggunakan rumus persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara anak padasiklus I diketahui 1 anak (7,7%) dalam kategori sangat kurang, 3 anak (23,08%)dalam kategori kurang, 4 anak (30,77%) dalam kategori cukup, 2 anak (15,38%)dalam kategori baik dan 3 anak (23,08) dalam kategori sangat baik. Keterampilanberbicara anak pada siklus II diketahui 1 anak (7,7%) dalam kategori kurang, 2anak (15,37%) dalam kategori cukup, 4 anak (30,77%) dalam kategori baik dan 6anak (46,16%) dalam kategori sangat baik. Penggunaan metode role playing dapatmeningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok B di TK AlfikriSchool Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.014 Ire p |
Keywords: | Keterampilan Berbicara; Anak Usia Dini; Role Playing; Metode Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7790 |