Hasibuan, Ina Hijrayania (2014) PENGARUH BERMAIN PESAN BERANTAI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KOTA BINJAI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103113027 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
1103113027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
1103113027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1103113027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1103113027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1103113027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113027 BAB I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
1103113027 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1103113027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1103113027 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang kemampuan berbicara anak, kata-kata yang diucapkan anak kurang tepat dan kurang lancar sehingga membuat teman-temannya kurang mengerti ucapan anak, kemudian tampak ada anak yang pendiam, anak tersebut suaranya kurang jelas saat berbicara. Anak juga kurang mampu mendengarkan serta mengulang cerita/kalimat yang disampaikan guru. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B yang ada di TK Negeri Pembina Kota Binjai yang berjumlah 73 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak yaitu dengan undian, dimana saat pengambilan pertama yaitu kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan pengambilan kedua sebagai kelas kontrol yaitu kelas B2. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data observasi akhir kemampuan berbicara anak dengan menggunakan uji homogenitas, diperoleh nilai fhitung (0,1737) < nilai ftabel (1,9664) dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua data bersifat homogen. Kemudian dari uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh thitung (10,248) > ttabel (1,6905). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari bermain pesan berantai terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Binjai..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.22 Has p |
Keywords: | Kemampuan Berbicara; Pesan Berantai; Bermain |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7785 |