Gusmayani, Apryta (2014) HUBUNGAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 107415 TANJUNG SARI BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111006 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
1103111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
1103111006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
1103111006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
1103111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
1103111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
1103111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
1103111006 BAB I.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
1103111006 BAB V.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
1103111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
1103111006 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa yang dikarenakan tingkat kedisiplinan siswa yang juga rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat hubungan yang terjadi antara kedisiplinan siswa dengan motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 107415 Tanjung Sari Batang Kuis Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 76 orang siswa yang berasal dari siswa kelas IV SD Negeri 107415 Tanjung Sari Batang Kuis Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan dua tahap, tahap pertama yaitu uji coba angket, kemudian tahap kedua adalah penyebaran angket pada seluruh sampel kelas IV SD Negeri 107415. Variabel dalam penelitian ini ada dua, kedisiplinan siswa sebagai variabel bebas dan motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus analisis Korelasi Product Moment, determinasi dan uji t.Dari hasil perhitungan, tingkat kecendrungan variabel x (kedisiplinan siswa) termasuk dalam kategori cenderung sedang. Sedangkan tingkat kecendrungan variabel y (motivasi belajar siswa) termasuk dalam kategori cenderung sedang juga. Analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara kedisiplinan siswa dengan motivasi belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 107415 Tanjung Sari Batang Kuis Tahun Ajaran 2013/2014, dapat dilihat dari hasil perhitungan korelasi yaitu rhitung=0,628 sedangkan rtabel = 0,225 dengan dk=n-2 pada taraf signifikan alpha=0,05, sehingga rhitung > rtabel . Koefisien determinasi (besar hubungan) kedua variabel adalah 39,44%. Ini menunjukkan bahwa rendahnya motivasi belajar siswa dipengaruhi 39,44% dari tingkat kedisiplinan siswa, sisanya dipengaruhi oleh factor lain yang tidak dianalisis. Hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa thitung = 8,85 sedangkat ttabel = 1,99 dengan dk=n-2 pada taraf signifikan alpha=0,05 , dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan antara kedisiplinan siswa dengan motivasi belajar siswa pada siswa kelas IV SD Negeri 107415 Tanjung Sari Batang Kuis Tahun Ajaran 2013/2014 teruji kebenarannya (Ha) diterima dan signifikan karena thitung > ttabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.011 Gus h |
Keywords: | Kedisiplinan Siswa; Motivasi Belajar; Komponen-komponen; Sifat Motivasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7774 |