Lizahara, Nurul (2014) HUBUNGAN TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN KARAKTER POSITIF SISWA DI SD NEGERI 028226 BINJAI TIMUR TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111046 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
1103111046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
1103111046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
1103111046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
1103111046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
1103111046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1103111046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1103111046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1103111046 BAB I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
1103111046 BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
1103111046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
1103111046 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah pentingnya pembentukan dan penanaman karakter positif bagi anak. Namun, pada saat ini perubahan lingkungan menyebabkan melemahnya ikatan keluarga dan kecenderungan negatif di masyarakat sehingga karakter anak menjadi tidak terkontrol dan terjadinya penyimpangan perilaku. Oleh sebab itu, sekolah memiliki peranan penting dalam pembentukan dan penanaman karakter positif siswa yang salah satunya dapat dilakukan dengan penerapan tata tertib sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting hubungan antara tata tertib sekolah dengan karakter positif siswa di SD Negeri 028226 Binjai Timur. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 028226 Binjai Timur dengan populasi sebanyak 221 siswa dan dengan sampel 142 siswa (e = 0,05). Populasi diambil dari 6 kelas yaitu kelas IV1, IV2, V1, V2, VI1, dan VI2. Instrumen yang digunakan dalah angket tertutup dari masing masing variabel dengan skala linkert. Pengujian analisis data yang digunakan adalah normalitas, homogenitas, linieritas, uji korelasi product moment dan uji keberartian. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran tata tertib sekolah pada kriteria sedang (mean = 42,15) dan karakter positif siswa pada kriteria cukup (mean = 72,23). Hasil analisis uji korelasi diperoleh rxy hitung > rtabel yaitu 0,307 > 0,165, sedangkan uji keberartian dengan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,815 > 1,977. Hal ini berarti hipotesis penelitian yang berbunyi terdapat hubungan positif yang signifikan antara tata tertib sekolah dengan karakter positif siswa di SD Negeri 028226 Binjai Timur T.A 2013/2014, diterima.Berdasarkan hasil pengujian dan dengan diterimanya hipotesis penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara tata tertib sekolah dengan karakter positif siswa di SD Negeri 028226 Binjai Timur T.A 2013/2014. Sehingga semakin baik tata tertib sekolah, maka semakin baik pula perkembangan karakter positif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.011 Liz h |
Keywords: | Karakter Positif; Nilai; Tata Tertib; Penyusunan dan Pelaksanaan; Larangan-larangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7773 |