Harahap, Ria Delviani (2014) MENGENALKAN KONSEP PENGENALAN BILANGAN ANGKA 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERMAIN STICK DI TK PELANGI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113049 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
109113049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
109113049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
109113049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
109113049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109113049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109113049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109113049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109113049 BAB I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
109113049 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
109113049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di TK Pelangi Medan yang berlokasi di jalanBhayangkara Medan, yang bertujuan untuk Mengenalkan pengenalan bilanganangka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun melalui bermain stick di TK Pelangi Medan . yang menjadi masalah dalam penulisan bilangan angka anak masih belum tepat. 2 Pengenalan bilangan angka pada anak masih kurang. 3 guru kurang mampu menggunakan media bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengenalan konsep bilangan angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun melalui bermain stick di TK Pelangi Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dikelompok A TK Pelangi Medan yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan tahun ajaran 2012/2013.Pelaksanaan PTK ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Masing-masingdilaksanakan 2 kali pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar observasi. Lembar observasi meliputi aktivitas guru dan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dengan memakaianalisis data persentase P= 􀯙􀯡 × 100 Penelitian ini menggunakan media bermain stick untuk meningkatkanaktivitas belajar anak pada materi pengenalan konsep bilangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa observasi belajar anak pada saat siklus I pertemuan I denganrata-rata 15% jumlah anak yang aktif pada setiap indikator menunjukkan bahwa aktivitas belajar anak masih sangat rendah Pada siklus I pertemuan II aktivitas belajar anak dengan rata-rata 25 % juga dalam kategori rendah tapi sudah mengalami peningkatan Sedangkan pada siklus II pertemuan I secara keseluruhan 40% dan pada siklus II pertemuan II secara keseluruhan mencapai 55%. Maka dapat dikatakan bahwa pada siklus II aktivitas belajar anak mengalami peningkatan dibandingkan kondisi pada siklus I. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa bermain stick dapat meningkatkan pengenalan konsep bilangan angka 1-10. Oleh karena itu, kegiatan bermain stick dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan pengenalan konsep bilangan di TK Pelangi Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.019 Har m |
Keywords: | Konsep bilangan; Kerangka konseptual; Pengenalan bilangan; Manfaat bermain; Bermain stick |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7762 |