Lubis, Muhammad Taufiq Gunawan (2013) PENGARUH POLA KOMUNIKASI TUTOR TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI (3-4 TAHUN) DI KELOMPOK BERMAIN KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
108341017 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
108341017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
108341017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
108341017 abstrak .pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
108341017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
108341017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
108341017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
108341017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
108341017 BAB I.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
108341017 BAB V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
108341017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
108341017 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah periode keemasan anak peserta didik yang terhambat perkembangannya dikarenakan kurang optimalnya tutor mengajar dan tingkat pendidikan tutor yang tidak memadai untuk menjadi tutor Paud. Sedangkan tujuan ini adalah sejauh mana pengaruh pola komunikasi tutor terhadap perkembangan perilaku sosial anak di Kelompok Bermain PAUD Kecamatan Sunggal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut Mulyana (2008:62) pola komunikasi terbagi menjadi 3 yaitu a). Komunikasi satu arah. b). Komunikasi dua arah. c). Komunikasi banyak arah. kemudian dilanjutkan menurut Sujiono (2003:61) “setiap anak akan melalui proses panjang dalam perkembangan sosialnya yang akhirnya seorang anak akan mempunyai nilai-nilai sosial yang ada dalam dirinya yang disebut proses imitasi, identifikasi, dan internalisasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan sampel penelitian ini adalah 25 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. a = ((∑y)(∑y^2 )- (∑x)(∑xy))/(n(∑x^2 )- (∑x)2) b = ((∑xy)(∑x)- (∑y))/(n(∑▒x^2 )- (∑x)2) Kesimpulan Pola komunikasi tutor memiliki pengaruh yang sangat signifikan, hal ini diketahui dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 35.76 >1. 708. Kontribusi pola komunikasi tutor terhadap perilaku sosial anak usia dini sebesar 93%, artinya meningkat atau menurunnya perilaku sosial anak usia dini (Y) sebesar 93% dipengaruhi oleh pola komunikasi tutor sedangkan sisanya 7% disebakan Faktor lain yang tidak termasuk dalam analisis ini yang berasal dari faktor lingkungan anak tersebut sehingga hipotesis diterima..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.22 Lub p |
Keywords: | Komunikasi; Kelompok Bermain; Perilaku Sosial; Komunikasi Tutor; Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7761 |