Sari, Dian Maya (2013) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PANGKAS RAMBUT LANJUTAN BERBASIS KOMPUTER PROGRAM STUDI TATA RIAS RAMBUT. Jurnal Teknologi Pendidikan, 06 (01). pp. 1-130. ISSN 1979-6692
cover.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
redaction.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
articel.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan Media video pemangkasan layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat digunakan untuk belajar individu, (2) menemukan efektivitas pembelajaran media video pemangkasan rambut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Borg & Gall dikombinasikan dengan model pengembangan pembelajaran Dick & Carey. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tes ahli pemangkasan rambut kualifikasi sangat baik (80,46 %), (2) uji ahli desain pembelajaran kualifikasi baik (79.58 %), (3) tes ahli video dan desain grafis sangat baik di kualifikasi baik (83,40 %), (4) uji individu kualifikasi sangat baik (87,86 %), pengujian kelompok kecil kualifikasi sangat baik (83,95 %), uji coba lapangan kualifikasi sangat baik (97,96 %). T-test = 3,285 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan 56 df diperoleh ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel, penggunaan efektif media video dalam rambut pembelajaran lanjutan pemangkasan = 80,46 %. Hasil kelompok mahasiswa yang tidak menerapkan media pembelajaran adalah 71,72 %. Data ini membuktikan bahwa penggunaan pembelajaran video lebih efektif dalam meningkatkan kompetensi dan pengetahuan mahasiswa dalam kursus lanjutan daripada tanpa menggunakan media video pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Berbasis Komputer, Pemangkasan Rambut Lanjutan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Apr 2016 06:38 |
Last Modified: | 05 Apr 2016 06:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/776 |