Sitanggang, Dwi Anastasia (2014) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG PURA TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103151017 COVER FULL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
1103151017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
1103151017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
1103151017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
1103151017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
1103151017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
1103151017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
1103151017 BAB I.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
12.1103151017 BAB V.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
13.1103151017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: apakah ada pengaruh pemberian layanan informasi untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan informasi dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 229 siswa. Adapun sampel yang diambil sebanyak 36 siswa, terdiri dari 6 siswa dari setiap kelas dengan menggunakan teknik proportional random sampling (sampling imbangan). Instrumen yang digunakan berupa angket yang sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket tersebut. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan informasi. Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa, skala sebaran pre test yang dibagikan kepada siswa, skor terbanyak pada rentangan117 – 132 berjumlah 16 siswa (44,4%) ada pada kategori cukup, urutan kedua pada rentangan 101 – 116 sebanyak 11 siswa (30,5%) ada pada kategori baik, urutan ketiga pada rentangan 133 – 148 sebanyak 5 siswa (13,8%) ada pada kategori kurang, dan urutan terakhir pada rentangan 85 – 100 sebanyak 4 siswa (11,1%) ada pada kategori sangat baik. Bila dilihat dari Rata-rata skor pada pre test sebelum diberi layanan adalah 118,38 ada pada kategori cukup. Sedangkan sesudah diberi layanan, skor terbanyak pada rentangan 105 – 117 sebanyak 15 siswa (41,6%) ada pada kategori cukup, urutan kedua pada rentangan 92 – 104 sebanyak 13 siswa (36,11%) ada pada kategori baik, urutan ketiga pada rentangan 79 – 91 sebanyak 6 siswa (16,6%) ada pada kategori baik, dan urutan terakhir pada rentangan 118 – 130 sebanyak 2 siswa (5,5%) ada pada kategori kurang baik. Bila dilihat dari Rata-rata skor pada post test sesudah diberi layanan adalah 101,91 ada pada katergori baik. Nilai rata-rata skor sebelum diberi perlakuan adalah 118,38, sedangkan sesudah diberi perlakuan adalah 101,91. Sehingga ada penurunan sebesar 16,47. Dari perhitungan uji thitung = 7,772 > ttabel =1,690 artinya hipotesis yang diajukan yang berbunyi Terdapat pengaruh yang signifikan pemberian layanan informasi untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa VIII SMP Negeri 2 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2013/2014, dapat diterima pada taraf signifikasi 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 6 Sit p |
Keywords: | Kejenuhan Belajar; Faktor Penyebab; Cara Mengatasi; Layanan Informasi; Pelaksanaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7754 |