Huda, Siti Munawwarah (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI BAGI SISWA KELAS IV MIN NELAYAN INDAH KEC. MEDAN LABUHAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311082 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
1103311082 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (812kB) | Preview
1103311082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1103311082 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1103311082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1103311082 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103311082 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103311082 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103311082 BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
1103311082 BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
1103311082 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Sains di kelas IV MIN Nelayan Indah Medan Labuhan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi perubahan penampakan pada benda langit pada pelajaran Sains di kelas IV MIN Nelayan Indah Medan Labuhan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 29 orang siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada tahun ajaran 2013/2014, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran Sains berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 9 siswa (31%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 67,8. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan metode pembelajaran simulasi diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 19 orang siswa (65,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 78,7. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan metode pembelajaran simulasi diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 25 orang siswa (86,2%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 87,5. Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN Nelayan Indah Medan Labuhan pada pelajaran Sains dalam materi perubahan penampakan pada benda langit. Disarankan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran simulasi dalam menyampaikan materi pada pelajaran Sains.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Hud p |
Keywords: | Pengertian Belajar; Hasil Belajar; Metode Simulasi; Hakikat Sains; Materi Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7715 |