Wulandari, Kiki (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK KANCING GEMERINCING DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA SISWADI KELAS V SD NEGERI 050713 TANJUNG BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311044 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
1103311044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
1103311044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
1103311044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
1103311044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
1103311044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
1103311044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
1103311044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
1103311044 BAB I.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
1103311044 BAB V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
1103311044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah dengan Teknik Kancing Gemerincing dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sains dengan Materi Pokok Cahaya dan Sifatnya dalam Pembelajaran Sains. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 050713 Tanjung beringin yang berlokasi di Tanjung Beringin, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat.Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa yang berjumlah 20 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains materi pokok cahaya dan sifatnya dengan menggunakan teknik kancing gemerincing. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menggunakan tes yaitu, tes awal, post tes I, post tes II dan observasi.Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkan adanya peningkatanya itu pada tes awal, pada siklusI, siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa sebelum di berikan tindakan siklus nilai rata-rata 43,00 dengan tingkat ketuntasan 10%, pada siklus I di peroleh nilai rata-rata sebesar 60,50 dengan tingkat ketuntasan 35% dan pada tindakan siklus II di peroleh nilai rata-rata 83,50 dengan tingkat ketuntasan 90%.Dari penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik kancing gemerincing pada mata pelajaran Sains dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya teknik kancing gemerincing digunakan guru sebagai salah satu alternatif guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, maupun pada mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Wul m |
Keywords: | Pengertian Belajar; Hasil Belajar; pembelajaran Kooperatif; Teknik Kancing Gemerincing; Hakikat Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7713 |