Suhana, Julhendri (2014) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK SOSIODARAMA DALAM MENINGKATKAN PERTIMBANGAN MORAL SISWA YANG MENYONTEK DI KELAS XII IPS SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103151028 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103151028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
1103151028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
1103151028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
1103151028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
1103151028 BAB I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
1103151028 BAB V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
1103151028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
1103151028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
1103151028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah Apakah layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama berpengeruh terhadap pertimbangan moral siswa yang menyontek di kelas XII IPS SMA Swasta Persiapan Stabat Tahun Ajaran 2014/2015. Sedangkan tujuannya adalah Untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama dalam meningkatkan pertimbangan moral siswa yang menyontek di kelas XII IPS SMA Swasta Persiapan Stabat Tahun Ajaran 2014/2015. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS I SMA Swasta Persiapan Stabat yang berjumlah 12 orang. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan pemberian kuesioner dan Defining Issues Test (DIT). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh sebelum melakukan layanan adalah diperoleh 2 orang siswa yang memiliki nilai 1 pada prinsip pertimbangan moral, 1 orang siswa memiliki nilai 2, 4 orang siswa memiliki nilai 3, dan 5 0rang siswa memiliki nilai 5 pada prinsip pertimbangan moral. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terjadi peningkatan pertimbangan moral siswa menjadi 2 orang siswa sudah memiliki nilai 6 pada prinsip pertimbangan moral, 1 orang siswa memiliki nilai 7, 4 orang siswa memiliki nilai 8, 1 orang siswa memiliki nilai 9, 2 orang siswa memiliki nilai 10 dan 2 orang siswa memiliki nilai 11 pada prinsip pertimbangan moral. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat meningkatkan pertimbangan moral siswa. Maka peneliti menyarankan guru bimbingan konseling dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama sebagai alternatif yang tepat menangani permasalahan siswa khususnya meningkatkan pertimbangan moral siswa kelas XII IPS SMA Swasta Persiapan Stabat T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.46 Suh p |
Keywords: | PErtimbangan Moral; Konflik SosioKognitif; Menyontek; Sosiodrama; Langkah-langkah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 08:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7702 |