UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SDN 107400 BANDAR KHALIPAH TAHUN AJARAN 2013/2014

Nisa, Khairun (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SDN 107400 BANDAR KHALIPAH TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1001103311043 COVER.pdf]
Preview
Text
1001103311043 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 1001103311043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1001103311043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 1001103311043 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1001103311043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 1001103311043 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1001103311043 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 1001103311043 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1001103311043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 1001103311043 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1001103311043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 1001103311043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
1001103311043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 1001103311043 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1001103311043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 1001103311043 BAB I.pdf]
Preview
Text
1001103311043 BAB I.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 1001103311043 BAB V.pdf]
Preview
Text
1001103311043 BAB V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 1001103311043 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1001103311043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode pembelajaran mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sains materi struktur bumi.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah yang berjumlah 36 orang peserta didik yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan .Pelaksanaan PTK ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Masing-masing dilaksanakan 2 kali pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar observasi untuk mengukur tingkat aktivitas belajar siswa. Lembar observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dengan memakai analisis data presentase. Adapun masalah yang ditemukan dalam peneltian ini yaitu proses belajar mengajar yang hanya berpusat pada guru, rendahnya aktivitas belajar siswa pada pelajaran Sains, pendekatan pembelajaran dengan metode ceramah yang tidak efektif sehingga siswa menjadi bosan, malas dan jenuh dalam mengikuti pelajaran Sains, kurangnya perhatian guru terhadap siswa yang kurang aktif saat pelajaran berlangsung di dalam kelas.Dari hasil observasi pada kondisi awal menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa sangat kurang dengan persentase ketuntasan klasikalnya hanya 21,42%. Selanjutnya, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa observasi aktivitas belajar siswa pada saat siklus I pertemuan 1 dengan nilai rata-rata aktivitas aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, dari siklus I yang rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan 1 yaitu 54,14%, pada siklus I pertemuan 2 naik menjadi 67,55%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 menjadi 75,20%, dan pada pertemuan 2 meningkat sampai 82,03%. Sedangkan tingkat keberhasilan aktivitas belajar secara klasikal pada siklus I pertemuan 1 yaitu 22,22%, dan pada pertemuan 2 mengalami kenaikan menjadi 61,11%, pada siklus 2 pertemuan 1 mengalami peningkatan menjadi 83,33% dan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 88,88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pokok strutur bumi di kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah Tahun Ajaran 2013-2014. Hal ini berarti bahwa metode Mind Mapping dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.357 Nis u
Keywords: Aktivitas Belajar; pengertian Belajar; Hakikat Belajar; Metode Mind Mapping; Pembelajaran Sains; Struktur Bumi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 08 Aug 2016 08:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7700

Actions (login required)

View Item
View Item