Daulay, Rina Isnaini (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELJARAN SAINS DI KELAS V SD NEGERI 104607 SEI ROTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1501103111053 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
15011003111053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
1501103111053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
1501103111053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1501103111053 CONTENT OF TABLE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
1501103111053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1501103111053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1501103111053 TOBE.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1501103111053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
1501103111053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
1501103111053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1501103111053 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Sains di SD Negeri 104607 Sei Rotan. Siswa tidak berani mengajukan pertanyaan, dan tidak berani mengemukakan pendapat selama kegiatan pembelajaran, hal ini terjadi karena suasana pembelajaran sering membuat siswa merasa jenuh. Oleh karena itu, guru berupaya untuk memilih metode yang bervariasi sebagai metode dalam pembelajaran agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu ingin memperoleh data tentang persiapan guru merancang rencana pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar siswa serta faktor pendukung Peneliti ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dua siklus, satu siklus dilakukan sebanyak dua kali tindakan penelitian. Subjek penelitian adalah kelas V Sebanyak 39 orang terdiri dari 25 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki, dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014-2015 antara bulan maret s.d mei 2014. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi dan lembar tes selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : Penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sains, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 6 dari 39 siswa (15,4%) dengan rata-rata nilai 52,9. Hasil analisis data pada siklus I setelah menggunakan metode eksperimen menunjukan jumlah siswa yang mencapai peningkatan belajar adalah 19 dari 39 siswa (48,7%) dengan rata-rata nilai 63,1. Hasil analisis data terakhir siklus II dengan metode pembelajaran yang sama diperoleh jumlah siswa yang mencapai peningkatan belajar yaitu 34 dari 39 siswa (87,2%) dengan rata-rata 77,4. Berdasarkan criteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Koefisen korelasi dengan menggunakan rumus product moment di peroleh harga koefisen korelasi sebesar 0,51. Uji keberartian menggunakan uji t, diperoleh harga t hitung 3,60 selanjutnya harga ini dikonsultasikan dengan harga t tabel pada tingkat kepercayaan 95% dengan n = 39-2 = 37 dan diperoleh harga t tabel 1,68 atau harga t hitung > t tabelDengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan metode eksperimen sebagai alternatife dalam pembelajaran dan selalu membuat latihan dan tes yang bertujuan lebih melatih siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Dau m |
Keywords: | Pengertian Belajar; Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Metode Eksperimen; Pembelajaran Sains; SD; Gaya Magnet |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7699 |