Aulianti (2014) DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE BAMBOO DANCING KELAS V SD NEGERI 056613 KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311007 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103311007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
1103311007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
1103311007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
1103311007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
1103311007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
1103311007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
1103311007 GRAFIK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103311007 TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1103311007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
1103311007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
1103311007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains Dengan Menggunakan Metode Cooperative Learning Tipe Bamboo Dancing Kelas V SD Negeri 056613 Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2013/2014.Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 056613 Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2013/, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 34 orang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yan terdiri dari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada mata pelajaran Sains dalam materi Jenis – Jenis dan Ciri – Ciri Tanah, dilanjutkan dengan siklus I dan pos test siklus I, siklus II dan diakhri dengan pemberian pos tes siklus II dengan test hasil belajar Sains dengan menggunakan bentuk tes uraian. Serta untuk mengetahui keaktifan guru dalam menggunakan metode Cooperative Learning Tipe bamboo Dancing dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berlangsung Dengan menggunakan metode Cooperative Learning Tipe bamboo Dancing dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa dari mulai tes awal hingga pada siklus II, pada tes awal yang dilakukan terdapat 5 siswa (14,17%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata – rata 51,47. Ketuntasan belajar siswa pada postes siklus I mencapai 15 siswa (44,11%) dari 34 siswa yang telah mencapai ketuntasan dengan nilai rata – rata hasil belajar siswa 67,55. Dan ketuntasan belajar siswa pada postes siklus II mencapai 31 siswa (91,17%) dari 34 siswa ynag telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata – rata 83,64. Pada observasi kegiatan Guru dalam proses pembelajaran pada siklus I belum terlihat obtimal dengan memperoleh nilai rata – rata sebesar 67,5. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan kegiatan guru dalam proses pembelajaran dengan nilai rata- ratanya menjadi 86,25. Pada kegiatan siswa dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh nilai 56,81 meningkat menjadi 80. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains dalam materi Jenis – Jenis dan Ciri – Ciri Tanah di kelas V SD Negeri 056613 Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2013/2014.Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan modifikasi alat dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains dalam materi Jenis – Jenis dan Ciri – Ciri Tanah di kelas V SD Negeri 056613 Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Aul m |
Keywords: | Hakikat Belajar; Hasil Belajar; Metode; Cooperative Learning Tipe Bamboo Dancing; Pembelajaran Sains; SD; Tanah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7696 |