Sitorus, Ruby Yanti (2014) PENGARUH PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP TOLERANSI SISWA DALAM BERINTERAKSI DENGAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103151059 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
1103151059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (806kB) | Preview
1103151059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
1103151059 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
1103151059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
1103151059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
1103151059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103151059 BAB I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
1103151059 BAB V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
1103151059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap toleransi siswa dalam berinteraksi dengan teman sebaya pada kelas VII SMP Swasta Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap toleransi siswa dalam berinteraksi dengan teman sebaya pada siswa kelas VII SMP Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dari siswa kelas VII-3 yang berjumlah 10 orang siswa yang akan diberikan layanan bimbingan kelompok yang memilki toleransi yang rendah, yang ditentukan dari hasil pre-test. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang toleransi berinteraksi siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi diperoleh nilai rata-rata pre-test xA = 44,9 dan Standart Deviasi (SD) = 12,85 sedangkan sesudah dilaksanakan bimbingan kelompok teknik diskusi diperoleh nilai rata-rata post-test Xb = 54,7 dan Standart Deviasi (SD) = 6,29 Dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi berpengaruh terhadap toleransi siswa dalam berinteraksi dengan teman sebaya pada siswa kelas VII SMP Swasta Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2013/ 2014. Hal ini teruji dengan menggunakan uji t dengan hasil thitung > ttabel yaitu 3,456 > 1,83 artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap toleransi siswa dalam berinteraksi dengan teman sebaya pada siswa kelas VII SMP Swasta Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2013/ 2014, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Sit p |
Keywords: | Tolrransi; Interaksi; Teman Sebaya; Layanan Bimbingan Kelompok; Teknik Diskusi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7687 |