Siregar, Hadisah Yuni (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 0418 AEK TINGA KABUPATEN PADANG LAWAS TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311032 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103311032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
1103311032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
1103311032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
1103311032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
1103311032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
1103311032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
1103311032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103311032 BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
1103311032 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
1103311032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pokok bahasan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat, hal ini dapat diketahui dari rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal- soal yang diberikan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelejaran matematika pokok bahasan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di kelas IV SD Negeri 0418 Aek Tinga Kabupaten Padang Lawas Tahun Ajaran 2013/2014. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 0418 Aek Tinga Kabupaten Padang Lawas Tahun Ajaran 2013/2014 pokok bahasan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat?Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 (dua) siklus siklus yang terdiri dari 2 (dua) pertemuan dan 4 (empat) tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes,observasi guru dan siswa . Dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari mulai tes awal (pre-tes) hingga pada siklus II. Dari data hasil belajar siswa pada kondisi awal, tidak ada siswa yang tuntas dalam belajar dan 21 siswa (100%) yang tidak tuntas dalam beljar dengan nilai rata-rata 32,2 . Ketuntasan belajar pada postes siklus I, ada 14 siswa (67%) dan 7 siswa (33%) yang tidak tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata 64,6. Terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 13,4.Melalui observasi kegiatan guru pada siklus I pertemuan I dengan nilai rata- rata 2,83 (cukup) sedangkan pertemuan II dengan nilai rata- rata 3,08 (baik) sedangkan ketuntasan belajar pada siklus II, ada 20 siswa (95%) dan 1 siswa (5%) yang tidak tuntas dalam belajar dengan nilai rata- rata 78.Kemudian pada siklus II pertemuan I dengan nilai rata- rata 3,33 (baik) sedangkan pada pertemuan II dengan nilai rata- rata 3,75 (baik sekali). Kemudian melalui observasi kegiatan siswa pada siklus I pertemuan I dengan nilai rata- rata 2,75 sedangkan pertemuan II dengan nilai rata- rata 3,12. Kemudian pada siklus II pertemuan I dengan nilai rata- rata 3,5 sedangkan pada pertemuan II dengan nilai rata- rata 3,75.Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Snowall Throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 0418 Aek Tinga Kabupaten Padang Lawas Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.92 Sir p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Snowball Throwing; Pembelajaran Matematika; SD; Operasi Hitung Penjumlahan; Pengurangan Bilangan Bulat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7669 |