Afrianti, Ulfa Listia (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARA TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V SD NEGERI 107415 BATANG KUIS T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311087 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
1103311087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
1103311087 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
1103311087 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
1103311087 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
1103311087 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
1103311087 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103311087 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
1103311087 BAB I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
1103311087 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
1103311087 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1103311087 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran team games tournament dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas V SD Negeri 107415 Batang Kuis T.A 2013/2014?Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 36 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan di SD Negeri 107415 Batang Kuis. Objek dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran team games tournament yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa pokok bahasan sudut.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa dalam pembelajaran matematika pada materi pokok sudut di kelas V SD Negeri 107415 Batang Kuis T.A 2013/2014.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan (2x35 menit). Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes dan observasi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti terlebih dahulu memberikan pretes yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan mengetahui kekurangan-kekurangan dalam proses kegiatan belajar mengajar.Berdasarkan analisis data pada kondisi awal diperoleh data 34 orang siswa masih belum tuntas (sesuai KKM) dalam bentuk persentase 94,44%, dan hanya 2 orang siswa telah tuntas dalam bentuk persentase 5,56% dari nilai minimal yang ditentukan yaitu 6,5. Pada siklus I diperoleh data peningkatan hasil belajar siswa yaitu 10 orang siswa mendapat nilai tuntas dalam bentuk persentase 27,78% dan 26 orang siswa belum tuntas dalam bentuk persentase 72,22% dari jumlah siswa secara keseluruhan. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I tergolong cukup dengan persentase 70.53, kegiatan peneliti dari observasi guru kelas tergolong cukup kompeten dengan persentase 72,22 dan 75.Maka dilaksanakan siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi baik dengan persentase 81,38, dan kegiatan peneliti dalam mengajar sangat kompeten dengan persentase 91,67 dan 97,22, hasil tes belajar siswa pun semakin meningkat dan sesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat hasil belajar 32 orang siswa telah mencapai nilai tuntas dalam bentuk persentase 88,89% dan 4 orang siswa yang tidak tuntas dalam belajar dalam bentuk persentase 11,11%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran team games tournament dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas V SD Negeri 107415 Batang Kuis. Oleh karena itu, model pembelajaran team games tournament dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.92 Afr m |
Keywords: | Pengertian Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran Teams Game Tournament; Materi Sudut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7664 |