Musriani (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4 5 TAHUN KELOMPOK MELALUI METODE BERCAKAP DI TK IPCGAYO T. A 2013 / 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109098021 COVER.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
109098021 LEMBAR PERSETUJUAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
109098021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
109098021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
109098021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
109098021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
109098021 BAB I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
109098021 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
109098021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi.Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) dalam proses belajar mengajar metode yang di gunakan kurang berpariasi (2) Sebagian anak dalam proses pembelajaran kurang aktif,(3) dalam pembelajaran guru / pendidik kurang terampil masih kurang terampil dalam membuat alat praga serta media yang di gunakan sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk : (1). Meningkatkan kemampuan bahasa anak 4-5 Tahun Di TK Islamic Preshool Beranag.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 19 orang. Yang terdiri 12 orang anak laki – laki. Dan 12 orang anak perempuan sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan bahasa anak 4-5 Tahun Di TK Islamic Preshool Beranag Gayo Lues T.A 2012/2013.Hasil opservasi refleksi pada siklus 1 setelah menggunakan metode bercakap-cakap sebanyak 2 kali pertemuan , pada pertemuan 1 dari 19 anak yang memiliki kemampuan bahasa 15 anak (75%) tergolong cukup dan 4 anak (20%) tergolong kurang. Pada pertemuan 2 (95%) tergolong cukup. Sehingga dapat di lanjut kan pembelajaran siklus Pada siklus 11 di lakukan 2 kali pertemuan yang di laksanakan penelitian dengan memperbaiki kesulitan yang di hadapi anak untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak dengan maksimal. Pada siklus 11 terjadi peningkatan perkembangan yang siknifikan, pada pertemuan 1 ada 3 anak (15%) . Tergolong sangat baik 15 Anak (75%). Tergolong baik dan 1 Anak (5%). Tergolong cukup. Pada pertemuan 2 ada 17 anak (85%). Tergolong sangat baik dan 2 anak (10%). Tergolong baik.Dengan demikian penelitian dapat terjawab bahwa kegiatan metode bercakap-cakap merupakan salah satu upaya menigkatkan kemampuan bahasa anak di kelompok B. Di TK IPC GAYO LUES T.A 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.014 Mus m |
Keywords: | Kemampuan Anak Usia Dini; Bahasa; Pengertian Anak Usia Sini; Metode Pembelajaran; Metode BErcakap-cakap; BEntuk Metode Bercakap-cakap; Metode Ceramah |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7662 |