Rita (2014) UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI DI TK SALSA CINTA RAKYAT T/A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109098030 COVER.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
109098030 LEMBAR PERSETUJUAN - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
109098030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
109098030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
109098030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
109098030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
109098030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
109098030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
109098030 BAB I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
109098030 BAB V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
109098030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 33 orang yang terdiri dari 18 anak laki-laki dan 15 orang anak perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah kegiatan melipat kertas origami untuk mengembangkan kreativitas anak.Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah (1). Anak belum bisa melaksanakan sesuai dengan langkah- langkah yang ditentukan. (2). Anak belum memiliki kemampuan dalam melipat kertas origami (3). kurangnya kreativitas anak dalam melipat kertas origami (4). anak memiliki kesulitan dalam melipat kertas origami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan kegiatan melipat kertas origami dapat mengembangkan kreativitas anak kelompok B di TK Salsa Cinta Rakyat T.A 2012/2013.Hasil penelitian pada siklus I adalah Pada pertemuan 1 siklus I terdapat sebanyak 30 orang anak (90%) tergolong cukup , sebanyak 3 orang anak (10 %) tergolong kurang , dan tidak ada ditemukan anak yang tergolong sangat rendah. peneliti melanjutkannya ke siklus 2 dan melatih anak dalam kegiatan melipat kertas origami untuk dapat mengembangkan kreativitas anak. Dan Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan pengembangan kreativitas anak dibandingkan pada siklus I, yaitu banyaknya anak yang tergolong sangat Baik meningkat menjadi ( 25 % ) 22 orang anak (70 %), sedangkan banyaknya anak yang tergolong cukup (5 %) 2 orang anak . pada pertemuan 2 ada 26 anak (65 %) tergolong sangat baik dan 7 anak (35 %) tergolong baik.Dari penelitian yang dilakukan pada siklus I dan siklus II bahwa kegiatan melipat kertas origami dapat mengembangkan kreativitas anak pada kelompok B di TK Salsa Cinta Rakyat T/A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.013 Rit u |
Keywords: | Kreativitas; Kreativitas dan Intelegensi; Guru dan Kreativitas; Melipat Kertas; Manfaat Melipat Kertas |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 06:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7661 |