Manullang, Lyafny Elfrida (2014) MENGEMBANGKAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN MARAKAS DI TK SANTA LUSIA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113030 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109113030 LEMBAR PENGESAHAN - PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
109113030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
109113030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109113030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
109113030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
109113030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109113030 BAB I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
109113030 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109113030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan metode bermain marakas dapat mengembangkan kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun di TK Santa Lusia Medan T.A. 2013 / 2014Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Objek penelitian ini adalah kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun. Subjek penelitian adalah anak kelas B di TK Santa Lusia Medan yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 15 orang anak perempuan dan 10 orang anak laki-laki. Tindakan penelitian adalah metode bermain marakas. Data dikumpulkan menggunakan Tes Unjuk Kerja (Test Performance) dengan daftar isi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis persentase dan deskriptif.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa kegiatan bermain marakas dapat membantu anak usia 5-6 tahun di TK Santa Lusia Medan untuk mengembangkan kecerdasan musikal. Hasil analisis persentasi menunjukkan sebanyak 1 anak atau 4,0% termasuk kategori sangat baik, 14 anak atau 56,0% termasuk kategori baik, 10 anak atau 40,0% termasuk kategori cukup. Hal ini menunjukkan bahwasanya hasil belum mencapai kriteria keberhasilan, sehingga perlu dilakukan perbaikan tindakan pembelajaran pada siklus II. Dari hasil siklus II dilakukan perbaikan tindakan pembelajaran dengan tetap menggunakan kegiatan bermain marakas akan tetapi guru mempersiapkan kegiatan yang lebih menarik bagi anak, guru juga membuat marakas yang dihias berwarna - warni, selain itu guru juga merancang permainan yang melibatkan anak secara langsung, hal ini dilakukan untuk membuat anak tertarik mengikuti bermain marakas sampai selesai. Setelah tindakan siklus II dilakukan menunjukkan bahwa terdapat 16 anak atau 64,0% termasuk kategori sangat baik , 9 anak atau 36,0% termasuk kategori baik.Dari hasil temuan penelitian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa metode bermain marakas dapat mengembangkan kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun di TK Santa Lusia Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.014 Elf m |
Keywords: | Kecerdasan Musikal; Bermain; Manfaat Bermain; Ciri-ciri Bermain |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 05:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7657 |