Nasution, Aldita Suryati (2014) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN BALOK DI PAUD TERPADU PERWARI TRISULA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101113001 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1101113001 LEMBAR PENGESAHAN - PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (762kB) | Preview
1101113001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1101113001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1101113001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1101113001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1101113001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1101113001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1101113001 BAB I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
1101113001 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
1101113001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1101113001 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah perkembangan kreativitas anak yangbelum berkembang secara maksimal.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkankreativitas anak usia 5-6 tahun melalui permainan balok di PAUD Terpadu PerwariTrisula Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukandalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Setiap siklusdilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Subjek Penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B Bulan di PAUD TerpaduPerwari Trisula dengan jumlah 22 anak yang terdiri dari 13 anak perempuan, 9 anaklaki-laki. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui permainan balok di PAUD Terpadu Perwari Trisula Medan. Alatpengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen dalam penelitian iniadalah lembar observasi kreativitas anak dengan indikator yakni : kelancaran,kelenturan, keaslian, dan elaborasi.Hasil analisis pada siklus I menunjukkan sebanyak 2 orang anak (9,09%)tergolong sangat kreatif, 2 orang anak (9,09%) tergolong kreatif, 11 orang anak(50%) tergolong cukup kreatif dan 7 orang anak (31,82%) tergolong kurangkreatif.Hasil analisis pada siklus II menunjukkan terdapat sebanyak 15 orang anak(68,18%) dan yang tegolong kreatif sebanyak 7 orang anak (31,82%) dan sudah tidakditemukan lagi anak yang cukup kreatif dan kurang kreatif pada siklus II ini.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa permainanbalok dapat meningkatkan kreativitas anak. Oleh karena itu, permainan balok dapatdijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kreativitas anak di PAUDTerpadu Perwari Trisula Medan. Serta diharapkan para pendidik dapat menerapkanpermainan balok ini dalam upaya meningkatkan kreativitas anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.013 Nas u |
Keywords: | Kreativitas; Permainan Balok; Pengertian Permainan Balok; Manfaat Permainan Nalok; Kreativitas Anak |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 05:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7655 |