Pakpahan, Yeni Marito (2014) PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI NO. 106849 LIBERIA KEC. TELUK MENGKUDU KAB. SERDANG BEDAGAI TP. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1114311016 JUDUL SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1114311016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
1114311016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
1114311016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
1114311016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
1114311016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1114311016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
1114311016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1114311016 BAB I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
1114311016 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
1114311016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berjudul “Penerapan Metode Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri No. 106849 Liberia Kec. Teluk Mengkudu Kab. Serdang Bedagai TP. 2013/2014”. Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan mutu pendidikan dalam pengelolaan belajar mengajar dan memilih metode pembelajaran yang tepat khususnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pada materi kelipatan dan faktor bilangan.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kelipatan dan faktor bilangan di Kelas IV SD Negeri No. 106849 Liberia Kec. Teluk Mengkudu Kab. Serdang Begadai TP. 2013/2014. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah upaya penerapan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 22 orang. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Tes dan lembar observasi dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Pada tes ditentukan nilai 90-100 = sangat tinggi, 80-89 = tinggi, 65-79 = sedang, 55-64 rendah dan 0-54 = sangat rendah. Pada lembar observasi ditentukan nilai bahwa 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, dan 1 = kurang, dengan kriteria ketuntasan minimal yaitu 65. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I yaitu pertemuan I dan pertemuan II dan siklus II yaitu pertemuan I dan pertemuan II. Berdasarkan hasil penelitian pada pretes diperoleh nilai rata-rata 59,54 dengan ketuntasan klasikal sebesar 31,82%, pada siklus I nilai rata-rata 61,36 dengan ketuntasan klasikal sebesar 59,10% dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 81,36 dan ketuntasan klasikal sebesar 90,90%, terjadi peningkatan sebesar 31,8% dari hasil ketuntasan klasikal pada siklus I terhadap siklus II.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode index card match pada pelajaran matematika pada materi kelipatan dan faktor bilangan di Kelas IV SD Negeri No. 106849 Liberia Kec. Teluk Mengkudu Kab. Serdang Bedagai TP. 2013/2014 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pemecahan masalah rendahnya hasil belajar siswa khusunya materi kelipatan dan faktor bilangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.72 Pak p |
Keywords: | Hasil Belajar; Kelipatan Bilangan; Metode Index Card Match; Faktor Bilangan; Pembelajaran Matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7651 |