IMPEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 107394 SIALANG MUDA T.P 2013/2014

Eliana, Rita (2014) IMPEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 107394 SIALANG MUDA T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1114311013 JUDUL.pdf]
Preview
Text
1114311013 JUDUL.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 1114311013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1114311013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (602kB) | Preview
[thumbnail of 1114311013 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1114311013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 1114311013 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1114311013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 1114311013 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1114311013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 1114311013 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1114311013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 1114311013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
1114311013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 1114311013 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1114311013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 1114311013 BAB I.pdf]
Preview
Text
1114311013 BAB I.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of 1114311013 BAB V.pdf]
Preview
Text
1114311013 BAB V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 1114311013 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1114311013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, adapun masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas Siswa pada mata pelajaran Sains. Dalam hal ini, guru cenderung menggunakan metode ceramah dan berpusat pada buku serta memberikan catatan-catatan yang panjang. Guru jarang ataupun tidak pernah menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas Siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas Siswa mata pelajaran Sains kelas IV SD Negeri 107394 Sialang Muda yang berjumlag 27 orang Siswa, yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus ada 2 kali pertemuan yang terdiri dari 4 tahap yaitu 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap pengamatan, 4) tahap evaluasi, dan tahap refleksi. Untuk memperoleh data dilakukan melalui observasi dan angket dengan alat pengunpulan data seperti lembaran observasi untuk siswa dan guru serta angket untuk siswa sebagai bahan evaluasi diakhir setiap siklus yang bertujuan untuk mengetahui perubahan kemampuan siswa dalam menggembangkan kreativitas pada materi Ciri-ciri Makhluk Hidup.Pada siklus I pertemuan I tindakan kemampuan siswa dari 27 orang siswa hanya ada 4 siswa yang memperoleh nilai cukup dengan persentase sebesar (14,81%) dan sebanyak 23 siswa memperoleh nilai kurang atau tidak kreatif dengan persentase (85,19%), siklus I pertemuan II terdapat 17 siswa memperoleh nilai kurang dengan persentase (62,96%) dan sebanyak 10 siswa memperoleh nilai cukup dengan persentase( 37,04%). Sedangkan pada siklus II pertemuan I terdapat 11 siswa menmperoleh nilai cukup dengan persentase (40,74%) dan 7 siswa memperoleh nilai baik dengan persentase( 25,92%), dan 9 siswa memperoleh nilai kurang dengan persentase (33,33%), siklus II pertemuan II terdapat 4 siswa memperoleh nilai cukup dengan persentase (14,81%), dan 12 siswa memperoleh nilai baik dengan persentase (44,44), dan 11 siswa memperoleh nilai sangat baik dengan persentase( 40,74%). dilihat dari peningkatan kreativitas belajar siswa dari siklus I pertemuan I dengan siklus I pertemuan II adalah (22,23%) sedangkan peningkatan yang dialami pada siklus II pertemuan I dengan siklus II pertemuan II adalah (18,51%).Dari hasil uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pelajaran Sains kelas IV SD Negeri 107394 Sialang Muda T.A 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.357 Eli i
Keywords: Kreativitas Belajar; Mind Mapping; Pembelajaran Sains; Makhluk Hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 04 Aug 2016 04:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7650

Actions (login required)

View Item
View Item