Sinamo, Tiur Lambas (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF BAHASA INDONESIA MELALUI PERTANYAAN TERSTRUKTUR SISWA KELAS VI SDN 030434 PARJARATAN SEMESTER I T.P 2012/2013 KABUPATEN PAKPAK BHARAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
109023617 cover.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
109023617 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
109023617 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
109023617 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
109023617 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
109023617 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
109023617 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
109023617 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
109023617 BAB I.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
109023617 BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
109023617 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan teknik statistik deskriftif dengan populasi seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 30 orang, dan diambil sampel adalah seluruh siswa yakni 27 0rang. Pelaksanaan skripsi dilakukan 2 siklus, setiap siklus dilakukan dengan 2 kali pertemuan dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian nilai rata-rata kelas VI yang berjumlah 27 orang siswa pada saat pretes sebelum dilakukan tindakan pada saat tes awal nilai rata- rata 50,66 dengan 8 orang siswa yang mengalami ketuntasan (26,66) dan 22 orang siswa yang belum tuntas (73,33) dari keseluruhan siswa. Setelah dilakukan tindakan menggunakan metode diskusi nilai rata – rata meningkat 6,17 dari nilai awal menjadi 56,83 pada siklus I dengan 13 orang siswa yang mengalami ketuntasan (43,33) dan 17 orang siswa yang belum tuntas ( 56,66). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II nilai rata – rata kelas meningkat 56,83 dari siklus I menjadi 75,33 pada siklus II dengan 26 orang siswa yang mengalami ketuntasan (86,66) dan 4 orang siswa yang belum tuntas (13,33%) . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan menulis paragraf pada siswa kelas VI SD Negeri Parjaratan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.62 Sin p |
Keywords: | Menulis; Menulis Paragraf; Pengertian Pertanyaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7637 |