Khairani, Siti (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD NEGERI 066055 PERUMNAS MANDALA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
101111020 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
101111020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
101111020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
101111020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
101111020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
101111020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
101111020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
101111020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
101111020 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
101111020 BAB I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
101111020 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
101111020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
101111020 PERSEMBAHAN.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
101111020 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah pada mata pelajaran IPA rendah, karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan penggunaan media pembelajaran masih kurang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 066055 Perumnas Mandala Medan T. A 2013/2014. Sebagai pegangan penulis tentang hasil belajar adalalah dari Susanto (2013:5) yang mengemukakan bahwa perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan belajar. Metode eksperimen adalah dari Halimah (2008:79) yang mengemukakan suatu kegiatan belajar mengajar dengan cara melibatkan peserta didik mengalami dan membuktikan sendiri proses dan hasil suatu percobaan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah siswa terdiri dari 24 orang siswa. Prosedur tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar dan Observasi digunakan untuk memeroleh data aktivitas belajar siswa. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa meningkat, bila tingkat ketuntasan klasikal sebesar ≥ 80. Berdasarkan analisis data pada saat pretes dari 24 orang siswa yang tuntas sebanyk 1 orang siswa dengan persentase 4,17% dan yang tidak tuntas sebanyak 23 orang siswa dengan persentase 95,83% dengan nilai rata-rata 41,25. Setelah melakukan postest siklus I diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang tuntas hasil belajarnya sebanyak 8 orang siswa dengan persentase 33,33% dan yang tidak tuntas hasil belajarnya sebanyak 16 orang siswa dengan persentase 66,67% dengan nilai rata-rata 60. Dan dari perolehan hasil dari siklus I perlu kiranya ditindak lanjuti pada siklus II postest II dengan perolehan hasil secara signifikan menjadi yang tuntas hasil belajarnya sebanyak 20 orang siswa dengan persentase 83,333% dan yang tidak tuntas hasil belajarnya sebanyak 4 orang siswa dengan persentase 16,67% dengan nilai rata-rata 80.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 066055 Perumnas Mandala Medan T. A 2013/2014. Peneliti menyarankan agar guru bidang studi IPA lebih meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui penggunaan metode eksperimen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Kha m |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran IPA; Sifat Cahaya; Metode Pembelajaran; Metode Eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7636 |