Prasetyo, Gihari Eko (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 050660 STABAT TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101111009 COVER.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
1101111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
1101111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
1101111009 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
1101111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
1101111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1101111009 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1101111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1101111009 BAB I.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
1101111009 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
1101111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Word Square pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 050660 Stabat Kec. Stabat. Kab. Langkat. Tahun Ajaran 2013/2014. Yang berjumlah 17 siswa dimana siswa laki-laki berjumlah 16 dan perempuan berjumlah 21 orang. Penentuan subjek berdasarkan hasil observasi yang di lakukan peneliti terhadap guru kelas IV.Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang di lakukan dalam dua siklus, diaman setiap siklus dilakukan 2x pertemuan yang masing-masing terdiri dari 35 menit. Dalam setiap siklus dilakukan melaui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang dilakukan dalam penelitianini yaitu berdasarkan hasil angket yang di berikan pada setiap siklus.Setelah dilakukannya penelitian maka didapat hasil observasi pada kondisi awal pada 38 siswa yang diteliti ada 4 siswa yang memperoleh hasi cukup dengan persentase 10,52% dan ada 34 siswa yang memperoleh hasil yang kurang dengan persentase 89,47% maka persentase klasikalnya adalah 10,52%. Kemudian pada pertemuan I Siklus I ada 6 siswa yang mencapai kriteria cukup atau sebesar 15,57% dan ada 32 siswa yang memiliki kriteria kurang atau sebesar 84% maka persentase klasikalnya adalah 15,78%. Selanjutnya pada pertemuan II Siklus I ada 1 siswa yang mencapai kriteria baik atau sebesar 3,63%, ada 27 siswa yang memiliki kriteria cukup atau sebesar 71,05% dan ada 10 orang siswa yang memiliki kriteria kurang atau sebesar 26,3% maka didapat persentase klasikalnya adalah 73,68%. Pada pertemuan I Siklus II ada 3 siswa yang mencapai kriteria sangat baik atau sebesar 7,89%, ada 28 siswa yang memiliki kreteria baik atau sekitar 73,68%, ada 2 orang siswa yang mencapai kriteria cukup atau sebesar 5,26% dan ada 5 siswa yang mencapai kriteria kurang atau sebesar 13,15%. Kemudian pada pertemuan II Siklus I ada 32 siswa yang mencapai kriteria sangat baik atau sebesar 84,21%. Ada 4 siswa mencapai kriteria baik atau sebeasr 10,52% dan ada 2 siswa yang mencapai kriteria kurang atau sebesar 5,26%Dari hasil yang diperoleh dari 38 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Ini dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan kelas IV SD Negeri 050660 Stabat Kec. Stabat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Pra m |
Keywords: | Hakikat Belajar; Motivasi Belajar; Word Square; Bagian Tumbuhan; Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7631 |