Sambas, Maulida (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 106833 TANJUNG MORAWA T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311052 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
1103311052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1103311052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
1103311052 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
1103311052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
1103311052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
1103311052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
1103311052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
1103311052 BAB I.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
1103311052 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1103311052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi Peristiwa Alam di Indonesia di kelas V SDN 106833 Tanjung Morawa T.A 2013/2014.Penelitian ini dilakukan di SDN 106833 Tanjung Morawa, dengan jenis penelitian yaitu “Penelitian Tindakan Kelas”. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 34 orang, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together, dan data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasiBerdasarkan tes awal (pretes) yang dilakukan terhadap 34 siswa terdapat 8 siswa (23,5%) yang mengalami ketuntasan belajar dan 26 siswa (76,5%)yang tidak tuntas dalam belajar dengan perolehan nilai rata-rata 47,21. Pada siklus I terdapat sebanyak 20 siswa (58,8%) yang tuntas dan sebanyak 14 siswa (41,17%) yang termasuk kategori tidak tuntas dengan perolehan nilai rata-rata 63,5. Dan perolehan nilai observasi kegiatan mengajar peneliti sebesar 67,5, sedangkan nilai observasi siswa secara afektif dan psikomotor sebesar 65,71 dan dikategorikan masih kurang. Pada siklus II terdapat 31 siswa (91,2%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (8,8%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar namun perolehan nilai rata-rata sudah mencapai 82,6. Dan perolehan nilai observasi kegiatan mengajar peneliti sebesar 90, sedangkan nilai observasi siswa secara afektif dan psikomotor sebesar 80,33, dan itu sudah dikategorikan sebagai sangan baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi peristiwa alam di Indonesia di SDN 106833 Tanjung Morawa T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sam m |
Keywords: | Hasil Belajar; Materi Pelajaran; Model Pembelajaran; IPA; Numbered Heads Together |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7630 |