Fadlah, Fauziah (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DI KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311028 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103311028 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (798kB) | Preview
1103311028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
1103311028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
1103311028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
1103311028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103311028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
1103311028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1103311028 BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
1103311028 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
1103311028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada materi pokok peristiwa alam beserta dampaknya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi pokok Peristiwa Alam Beserta Dampaknya dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share di kelas V-a SD Negeri 101771 Tembung T.A. 2013/2014.Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-a SD Negeri 101771 Tembung dengan jumlah 36 orang siswa yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Prosedur dalam penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus memiliki empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa untuk tiap siklus. Berdasarkan hasil observasi bahwa pada kondisi awal skor motivasi belajar siswa dari 36 orang siswa, ada 10 siswa yang termotivasi dengan persentase (28%), dan skor motivasi belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 22 orang siswa yang termotivasi dengan persentase (61%), dan juga terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 30 orang siswa yang termotivasi dengan persentase (83%). Sedangkan hasil penyebaran angket bahwa pada kondisi awal skor motivasi belajar siswa dari 36 siswa, ada 5 orang siswa termotivasi dengan persentase (14%), dan skor motivasi belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 23 orang siswa yang termotivasi dengan persentase (64%), dan juga terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 31 orang siswa yang termotivasi dengan persentase (86%).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi peristiwa alam beserta dampaknya di kelas V-a SD Negeri 101771 Tembung tahun ajaran 2013/2014. Sehingga model pembelajaran Think Pair Share dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Fad m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Hakikat Pembelajaran; Peristiwa Alam; Model Pembelajaran; Think Pair Share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7624 |