Khadijah, Siti (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI NO. 106224 DI KERAPUH T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311081 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
1103311081 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
1103311081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1103311081 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103311081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
1103311081 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103311081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103311081 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1103311081 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103311081 BAB I.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
1103311081 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
1103311081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini melengkapi kegiatan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode demonstrasi materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri No. 106224 Kerapuh T.A 2013/2014. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Gaya dan Gerak pada siswa di kelas IV SD Negeri No.106224 di Kerapuh T.A 2013/ 2014? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi Gaya dan Gerak di kelas IV SD Negeri No.106224 di kerapuh T.A 2013/2014 dengan jumlah 35 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No.106224 di kerapuh sebanyak 35 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Pada pelaksanaan siklus I dengan menerapkan metode demonstrasi diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa dengan nilai rata-rata 58,14 dengan ketuntasan belajar 54,28 % atau 19 siswa yang tuntas belajar. Selanjutnya penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan menerapkan metode demonstrasi yang lebih bervariatif, maka diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa semakin meningkat menjadi 69,28 nilai rata-rata atau 85,71% atau 30 siswa yang tuntas. Sementara siklus 1 pertemuan I persentase hasil pengamatan observasi belajar terhadap siswa masih tergolong rendah dengan nilai persentase hasil pengamatan sebesar 45,71 % sedangkan persentase hasil pengamatan terhadap guru sebesar 65,27% sedangkan pada pertemuan ke II juga masih tergolong rendah dengan persentase hasil pengamatan terhadap guru sebesar 69,44 % dan persentase hasil pengamatan terhadap siswa terhadap siswa sebesar 65,62%. Berdasarkan kesimpulan sementara bahwa hasil observasi belum meningkat hingga perlu perbaikan siklus II. Ternyata setelah menggunakan metode demonstrasi hasil observasi tergolong baik. Persentase hasil pengamatan terhadap guru siklus II pertemuan ke I dengan hasil pengamatan sebesar 97,22%. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretest 48,14 dengan ketuntasan belajar 31,42% atau hanya 11 siswa yang tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi gaya dan gerak bagi siswa kelas IV SD Negeri No. 106224 di kerapuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Kha m |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Demonstrasi; Gaya; Gerak; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7622 |