Siregar, Risna Sari Junita (2014) HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA VISUAL DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 200103 KOTA PADANGSIDIMPUAN T.A 2013.2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111057 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
1103111057 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (758kB) | Preview
1103111057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
1103111057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
1103111057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
1103111057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
1103111057 APPENDINGS.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103111057 TOBE.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103111057 RESEARCH PAPERS.pdf - Published Version
Download (766kB) | Preview
1103111057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
1103111057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
1103111057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
1103111057 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini tentang hubungan pemanfaatan media visual dengan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 200103 Kota Padangsidimpuan T.A 2013.2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan media visual dengan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 200103 Kota Padangsidimpuan T.A 2013.2014.. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media visual dengan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 200103 Kota Padangsidimpuan T.A 2013.2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 51 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 51 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dimana seluruh jumlah dari populasi dijadikan sampel. Sebelum dilakukan penelitian, instrumen penelitian berupa angket harus diuji cobakan terlebih dahulu. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa dari 40 butir angket yang diujicobakan dinyatakan 12 butir yang tidak valid dan jumlah butir yang valid adalah 28 butir, yang merupakan data penelitian. Kemudian dilakukan uji reliabilitas angket. Hasilnya diperoleh rii = 0,877 dengan rtabel pada n = 26 adalah 0,374. Dengan demikian, nilai rii lebih besar dari rtabel (0,877 > 0,374) sehingga angket yang dipakai adalah reliabel.Selanjutnya hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,469 dengan rtabel pada n = 49 adalah 0,276 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,469 > 0,276 atau nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel maka pemanfaatan media visual memiliki hubungan yang positif dengan hasil belajar IPA siswa. Untuk mengetahui signifikansi hubungan pemanfaatan media visual dengan hasil belajar siswa digunakan rumus uji t. Dari uji tersebut diperoleh thitung = 3,941 dengan ttabel dengan n = 49 adalah 1,677 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 3,941 > 1,677 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga dapat dikatakan signifikan. Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media visual dengan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 200103 Kota Padangsidimpuan T.A 2013.2014. dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sir h |
Keywords: | Media Visual; Gambar; Hasil Belajar; Indera Penglihatan; Pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7621 |