Manik, Sri Rezeki (2014) PENERAPAN METODE ACCELERATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI NO.056010 LANGKAT TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101111022 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
1101111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
1101111022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
1101111022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
1101111022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
1101111022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1101111022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1101111022 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1101111022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
1101111022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
1101111022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran IPA disebabkan masih banyaknya siswa yang menganggap IPA sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri No.056010 Langkat Tahun Ajaran 2013/2014. Salah satu alternative untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan metode Accelerated Learning. Dengan penerapan metode Accelerated Learning dalam proses belajar mengajar dapat membuat siswa lebih mudah, cepat, bermakna, efektif, menyenangkan dan menghilangkan kebosanan siswa dalam mempelajari IPA di Kelas IV SD Negeri No.056010 Langkat TahunAjaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 25 siswa diantaranya 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan dikelas IV SD Negeri No.056010. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus dilakukan dengan 2 kali pertemuan. Penelitian dilakukan saat pembelajaran IPA berlangsung. Data diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan melakukan tes dalam bentuk pilihan berganda terdiri dari 20 soal.Pada saat diberikan tes awal (pre tes), pencapaian teshasil belajar siswa pada materi pokok gaya yaitu dengan nilai rata-rata 45 dan persentasenya 16%(4 siswa). Setelah diterapkan metode Accelerated Learning pada siklus I diperoleh tingkat pencapaian hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata 63 dengan persentase 40% (10 siswa) terjadi peningkatan sebesar 24%. Sedangkan pada siklus II diperoleh tingkat pencapaian hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata 81,12 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 88% (23 siswa) dengan peningkatan sebesar 48%.Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode Accelerated Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri No.056010 Langkat Tahun Ajaran 2013/2014 pada pelajaran IPA dalam materi pokok Gaya. Dan disarankan kepada guru untuk menggunakan metode Accelerated Learning dalam menyampaikan materi pada pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Man p |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Accelerated Learning; Pembelajaran IPA; Gaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7620 |