Lijah, Khairina Sally (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN IPA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS IV SD NEGERI 064977 BHAYANGKARA MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311094 Cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109311094 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
109311094 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
109311094 Abstrak.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
109311094 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
109311094 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109311094 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109311094 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109311094 Bab 1.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
109311094 Bab 5.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109311094 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
109311094 Daftar Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa rendah pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas IV SD Negeri 064977 Bhayangkara Medan T.P. 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningakatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 064977 Bhayangkara Medan T.P. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada Tahun Pelajaran 2013/2014, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran IPA berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan test dan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dengan pelaksanaan pembelajaran pada siklus I dari 30 siswa yang telah mempelajari tentang zat dan wujudnya memperoleh nilai terendah sebesar 40 dan tertinggi sebesar 100. Siswa yang memperoleh nilai < 65 atau tidak tuntas sebanyak 14 orang (46,67%) dan siswa yang mencapay nilai ≥ 65 atau tuntas sebanyak 16 orang (53,33%). Rata-rata perolehan hasil atau nilai belajar sebesar 66,50. Tingkat ketuntasan klasikal mencapai 53,33%. Hal ini membuktikan bahwa nilai hasil belajar siswa pada pelaksanaan siklus I belum memiliki tingkat keberhasilan belajar (ketuntasan klasikal) karena masih di bawah 80,00%. Hasil penelitian dengan pelaksanaan pembelajaran siklus II dapat diketahui bahwa 28 siswa (93,33%) ketuntasan dan 2 orang siswa (6,67%) belum mengalami ketuntasan individu. Perolehan ketuntasan klasikal sebesar 93,33% hal ini membuktikan bahwa hasil belajar secara klasikal pada siklus II telah mencapai ketuntasan karena telah mencapai 80,00% dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 86,33. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi zat dan wujudnya di kelas IV SD Negeri 064977 Bhayangkara Medan T.P. 2013/2014. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 064977 Bhayangkara Medan T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Kha m |
Keywords: | Model Pembelajaran; Siswa; Problem Based Learning; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7606 |