Sitompul, Heri Susanto (2014) MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK, PAIR, AND SHARE PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101917 ARASKABU T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111025 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
1103111025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (650kB) | Preview
1103111025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
1103111025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
1103111025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
1103111025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
1103111025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
1103111025 BAB I.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
1103111025 BAB V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
1103111025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Rendahnya kreativitas siswa dalam belajar berdampak terhadap hasil belajar mereka. Dari hasil observasi awal yang ditemukan penulis bahwa rata-rata hasil belajar IPA dari hasil ujian semester ganjil khususnya pada siswa kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kreatifitas Anak Dengan Mengguanakan Metode Think, Pair, And Share Pada Pelajaran IPA materi rangka manusia dan fungsinya Di Kelas IV SD NEGERI 101917 Araskabu T.A. 2014/2015”Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Think, Pair, and Share dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan materi pokok rangka manusia dan fungsinya di kelas IV SD Negeri 101917 Araskabu T.A 2014/2015. Terdapat 25 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempun. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis menggunakan lembar observasi bagi guru dan siswa untuk mengetahui perkembangan tingkat kreativitas belajar siswa pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan Think, pair, and Share bahwa pada kondisi awal atau sebelum melakukan tindakan terdapat 1 siswa yang kreatif (14,3%) dari 25 siswa, pada siklus 1 pertemuan I meningkat menjadi 5 orang siswa yang kreatif (25,71%), dan pada siklus I pertemuan II menjadi 13 orang siswa (54,28%). Sedangkan pada siklus II pertemuan I terdapat 22 orang siswa yang kreatif (91,43%) dan siklus II pertemuan II semua siswa kreatif (100%) meskipun tingkat kreativitas masing–masing individu berbeda. Selain itu dapat dilihat juga dari nilai rata – rata keseluruhan siswa yang kreatif dapat dilihat hasil kreativitas belajar siswa secara klasikal telah mengalami peningkatan, dari kondisi awal dengan nilai rata–rata 62,1 dengan kriteria kurang kreatif dan siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata 65,2 dengan kriteria kurang kreatif dilanjutkan ke siklus I pertemuan II dengan nilai rata – rata 70,3 dengan kriteria cukup kreatif dan pada kreativitas belajar siklus II pertemuan I dengan nilai rata–rata 77,5 dengan kriteria cukup kreatif dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan II dengan nilai rata-rata 86,1 dengan kriteria kreativitas belajar kreatif. Selanjutnya di lihat dari nilai aktivitas guru terlihat pada kondisi awal guru masih kurang bisa untuk dapat membuat siswa lebih kreatif dilihat dari lembar observasi dengan nilai pada kondisi awal yaitu 50. Dan dilanjutkan pada pelaksanaan tindakan terlihat ada peningkatan pada siklus I pertemuan I dengan nilai 65,34pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 71. Sedangkan pada siklus II pertemuan I dengan nilai 80, dan pada akhir tindakan meningkat sesuai dengan yang diharapkan peneliti yaitu menjadi 86,14. Dapat dikatakan dengan menggunakan Think, Pair and Share dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan materi pokok rangka manusia dan fungsinya di Kelas IV SDN 101917 Araskabu T.A 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sit m |
Keywords: | Hakekat Belajar; Rangka Manusia; Metode Think Pair and Share; Pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7604 |