Mutia, Indah (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA SISWA KELAS V MELALUI PENERAPAN STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCE SD NEGERI 060818 MEDAN KOTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111029 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
1103111029 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
1103111029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
1103111029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
1103111029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
1103111029 TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
1103111029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
1103111029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
1103111029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
1103111029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
1103111029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
1103111029 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah rata-rata aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA yang masih tergolong pasif. Sedangkan tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggumpulkan data pengamatan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA dalam tema peristiwa dalam kehidupan dengan subtema manusia dan peristiwa alam di kelas V-B SD Negeri 060818 Medan Kota T.A. 2014/2015 melalui penerapan strategi Multiple Intelligence.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V-B SD Negeri 060818 Medan Kota T.A. 2014/2015 sebanyak 1 kelas, dengan 40 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus dan tiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan harus melakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.Berdasarkan analisis data, pada observasi aktivitas belajar siswa pra siklus diperoleh nilai rata-rata 43,75. Setelah pelaksanaan siklus I, diperoleh tingkat peningkatan aktivitas belajar siswa secara klasikal yaitu 23 orang siswa (57,5%) dengan nilai rata-rata 64,92. Selanjutnya pada siklus II, diperoleh tingkat peningkatan aktivitas belajar siswa yaitu 40 orang siswa (100%) dengan nilai rata-rata 80,47.Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi Multiple Intelligence dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA dalam tema peristiwa dalam kehidupan dengan subtema manusia dan peristiwa alam di kelas V-B SD Negeri 060818 Medan Kota T.A. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Mut p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Subtema Manusia; Strategi Multiple Intelligence; Pembelajaran IPA; Peristiwa Alam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7603 |