Siregar, Efrilla Yustiana (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI NO. 064983 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311022 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
1103311022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (767kB) | Preview
1103311022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
1103311022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1103311022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
1103311022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1103311022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1103311022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
1103311022 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
1103311022 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
1103311022 DAFTAR PUSTAKA New.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103311022 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa bila model pembelajaran Problem Solving diterapkan pada materi gaya tarik dan gaya dorong di kelas IV SD Negeri No. 064983 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No. 064983 Medan yang berjumlah 34 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dan masing-masing memiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan tes hasil belajar terhadap siswa untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa. Dari hasil analisis data pada pre test diperoleh 26 orang siswa (76,47%) yang belum tuntas dalam belajar dan sebanyak 8 orang siswa (23,53%) yang telah mencapai standart ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 59,4. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh sebanyak 19 orang siswa (55,88%) yang belum tuntas dan sebanyak 15 orang siswa (44,12%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 62,94. Sedangkan hasil tes pada siklus II diperoleh sebanyak 4 orang siswa (11,76%) belum tuntas dan sebanyak 30 orang siswa (88,24%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 77,64. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada observasi kegiatan guru siklus I nilai yang diperoleh yaitu 78,57 dan pada siklus II 96,43. Pada observasi kegiatan siswa, nilai yang diperoleh pada siklus I yaitu 70 dan pada siklus II 95. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri No. 064983 Medan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya tarik dan gaya dorong.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sir m |
Keywords: | Hakikat Belajar; Gaya Tarik; Gaya Dorong; Hasil Belajar; Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7591 |