Mulfajar, Fresa (2014) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER (E-LEARNING) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VI SDN 053974 PAYA MABAR STABAT T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311031 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1103311031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (668kB) | Preview
1103311031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
1103311031 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
1103311031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
1103311031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103311031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103311031 BAB I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
1103311031 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
1103311031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi pokok bumi dan alam semseta, pembelajaran IPA di SDN No. 053974 Paya mabar stabat masih berpusat pada guru (teacher centered) dimana guru masih mendominasi proses pembelajaran sedangkan siswanya masih pasif, dan banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis komputer pada pelajaran IPA materi pokok bumi dan antariksa di kelas VI SDN No.053974 Paya Mabar Stabat T.A 2013/2014 Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumpah 34 orang. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi / evaluasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan angket.Dari hasil penelitian dengan menggunakan observasi bahwa minat belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata minat belajar siswa untuk setiap siklus. Pada kondisi awal minat belajar siswa 40,87% dan meningkat sebanyak 25,38% pada siklus I menjadi 66,25%, serta terjadi peningkatan sebesar 15,77% pada siklus II menjadi 82,02%. Hasil tersebut didapat dari nilai rata-rata indikator minat belajar siswa yang tertera di lembar observasi minat belajar siswa. Selain dari hasil observasi peneliti juga mengukur minat belajar siswa dengan menggunakan angket dan hasilnya sebagai berikut : pada kondisi awal, siswa yang nilai minatnya kurang sebanyak 8 orang (23,52%) dan mengalami peningkatan menjadi tidak ada siswa yang minatnya kurang (0%) pada siklus I, serta tidak ditemukan pula siswa yang minat belajarnya kurang pada siklus II. Siswa yang nilai minatnya cukup sebanyak 24 orang (76,47%) pada kondisi awal dan mengalami peningkatan menjadi 17 orang (50%) yang minatnya cukup pada siklus I serta mengalami peningkatan menjadi tidak ada siswa yang minatnya cukup (0%) pada siklus II. Siswa yang nilai minatnya baik sebanyak 2 orang ( 5,88%) pada kondisi awal dan mengalami peningkatan menjadi 17 orang (50%) yang minat belajarnya baik pada siklus I serta mengalami peningkatan menjadi 6 orang (17,64%) yang minatnya baik pada siklus II. Siswa yang nilai minatnya sangat baik tidak ada (0%) pada kondisi awal dan juga tidak ada siswa (0%) yang minatnya sangat baik pada siklus I dan mengalami peningkatan sebanyak 28 orang (82,35%) yang minatnya sangat baik pada siklus II.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis komputer pada pelajaran IPA materi pokok bumi dan antariksa dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VI SDN 053974 Paya Mabar Stabat T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Mul m |
Keywords: | Minat Belajar; Hakikat Belajar; Media Pembelajaran; Media Berbasis Komputer; Model Pembelajaran; Model Tutorial; IPA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7582 |