Sihombing, Audy Sarah (2013) PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KHATOLIK ASSISI MEDAN T.A. 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113009 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109113009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109113009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109113009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
109113009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109113009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109113009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109113009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109113009 BAB I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
109113009 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109113009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109113009 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Adakah pengaruh yang signifikan dari alat permainan edukatif dalam mengembangkan motorik halus anak usia 5 – 6 tahun di TK Katholik Assisi Medan, (2) Seberapa besar pengaruh alat permainan edukatif dalam mengembangkan motorik halus anak usia 5 – 6 tahun di TK Katholik Assisi Medan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh yang signifikan dari alat permainan edukatif dalam mengembangkan motorik halus anak usia 5 – 6 tahun di TK Katholik Assisi Medan (2) Mengetahui besarnya pengaruh alat permainan edukatif dalam mengembangkan motorik halus anak usia 5 – 6 tahun di TK Katholik Assisi Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 kelas sampel yaitu kelas eksperimen yang diberi pengajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif dan satu kelas tanpa menggunakan alat permainan edukatif. Masing-masing kelas 29 anak. instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Untuk mendeskripsikan data penelitian digunakan teknik analisis statistik deskriptif, sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian digunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa sebelum dilakukan pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen kemampuan motorik halus anak sama-sama cenderung cukup, dimana rata-rata kemampuan motorik halus anak kelas kontrol 7,483 dan untuk kelas eksperimen 7,517. Setelah diberi pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif pada kelas eksperimen ternyata kemampuan kelas eksperimen data skornya lebih tinggi (X=13,586) di banding kelas kontrol (X=9,138).Selanjutnya berdasarkan hasil data pengujian hipotesis dilakukan bahwa thitung (15,55) > ttabel,(1,6826) pada α=0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan motorik halus anak di TK Katholik Assisi Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.019 Sih p |
Keywords: | Motorik Halus; Karakteristik Motorik Halus; Alat Permainan; Adukatif; Kategori APE; Tahap Permainan Education |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7578 |