Purba, Karolina R Elicha (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DI KELAS IV SDN. 101883 TANJUNG MORAWA TA 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113111033 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1113111033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
1113111033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
1113111033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
1113111033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1113111033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1113111033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1113111033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
1113111033 BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
1113111033 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
1113111033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101883 Tanjung Morawa yang beralamat di Pasar XIII Desa Limau Manis Tanjung Morawa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa di kelas IVB yang berjumlah 30 orang. Sedangkan objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada materi masalah sosial. Alat pengumpuan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar di mana sebelum dilaksanakan siklus I dilakukan pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada materi masalah sosial. Hasil penelitian pada pre test, rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 53,66 dari 30 siswa bahwa 4 siswa (13,33%) tuntas dan 26 siswa (86,67%) siswa tidak tuntas. Pada siklus I rata-rata kelas meningkat yaitu menjadi 68,33 di mana 18 siswa lulus (60%) dan 12 siswa (40%) tidak lulus. Maka dilaksanakan siklus II, dan hasilnya mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata menjadi 78,16 di mana 28 siswa (93,33%) tuntas dan 2 siswa (6,67%) tidak tuntas. Dari peningkatan ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi maslaah sosial di kelas IV SD Negeri 101883 Tanjung Morawa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Pur m |
Keywords: | Belajar; Metode Example non examples; kelebihan dan kekurangan; IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7574 |