Hasibuan, Cholida (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 101981 GALANG T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109851003 COVER.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
109851003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
109851003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
109311003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
109311003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
109311003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
109311003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
109311003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
109851003 BAB I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
109851003 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
109311003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya motivasi belajar siswa di kelas IV pada mata pelajaranIPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan metode Picture and picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi perkembangan teknologi transportasi di kelas IV. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi perkembangan teknologi transportasi dengan menggunakan metode Picture and picture di kelas SD Negeri 101981 Galang.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD sebanyak 35 orang siswa yang terdiri dari 19 orang siswa perempuan dan 16 orang siswa lak- laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan menguraikan persentase- persentase pada setiap siklus.Berdasarkan analisis data, pada pra- tindakan diperoleh hasil angket siswa sebanyak 4 siswa (11%) yang termotivasi dan 31 siswa (88%) yang belum termotivasi. Pada Pasca Siklus II sebanyak 31 siswa (89%) sangat termotivasi dan 4 siswa (12%) telah termotivasi pada pelajaran IPS. Pada Siklus I pertemuan I diperoleh hasil observasi individu sebanyak 2 siswa tergolong termotivasi (5%), 9 siswa (26%) yang tergolong cukup termotivasi,dan 24 (69%) yang tergolong belum termotivasi. Pada pertemuan II sebanyak 8 siswa (22%) telah termotivasi, 12 siswa (34%) yang cukup termotivasi, 15 siswa (42%) belum termotivasi. Pada Siklus II pertemuan I, sebanyak 6 siswa (17%) tergolong sangat termotivasi, sebanyak 23 siswa (63%) tergolong telah termotivasi, 12 siswa (34%) tergolong cukup termotivasi. Pada pertemuan II terdapat 25 siswa (71%) tergolong sangat termotivasi, sebanyak 9 siswa (25%) telah termotivasi, dan 1 siswa (3%) cukup termotivasi pada pelajaran IPS. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penggunaan metode Picture and picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi di kelas IV SD Negeri 101981 Galang T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 6 Has m |
Keywords: | Kognitif Anak Usia TK; Attention Dificit Hyperaktivity Disorder; Play Terapi; Permainan Terapentik; Terapi Bermain |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 01:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7568 |