Sucippitari, Rayi (2014) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KELURAHAN TANAH ENAM RATUS MEDAN MARELAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111051 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
1103111051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
1103111051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
1103111051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
1103111051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
1103111051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1103111051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103111051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103111051 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
1103111051 BAB I.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
1103111051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting kemampuan berkomunikasi guru di dalam proses belajar mengajar dan untuk mengetahui hubungan kemampuan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar siswa sekolah dasar negeri di Kelurahan Tanah Enam Ratus Medan Marelan T.A 2013/2014. Manfaat penelitian ini adalah sebagai salah satu bahan pertimbangan baik bagi guru, calon guru maupun pengelola pendidikan untuk lebih peduli terhadap kualitas kinerja guru khususnya dalam hal kemampuan berkomunikasi. Penelitian ini dilakukan di lima sekolah dasar negeri yang terdapat di kelurahan Tanah Enam Ratus Medan Marelan. Peneliti mengambil sampel dengan menggunakan teknik Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 137 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan skala Likert yang terdiri dari 4 opsional, yakni sangat sering, sering, jarang, dan tidak pernah. Dari hasil pengujian instrumen yakni validitas dan reabilitas maka diperoleh 12 item valid dari masing-masing variabel.Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan menggunakan Product Moment pada uji korelasi, dan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan analisis deskriptif dan statistik, variabel kemampuan berkomunikasi guru yang ditandai oleh empat aspek, yakni kemampuan berkomunikasi secara lisan, berkomunikasi secara tulisan, berkomunikasi secara nonverbal, dan berkomunikasi melalui alat bantu/media berada pada kategori sedang. Sedangkan variabel motivasi belajar yang ditandai dengan aspek tekun & ulet, aspek minat, aspek mandiri, dan aspek hasrat berada pada kategori baik. Hasil statistik uji korelasi Carl Pearson antara kedua variabel tersebut diperoleh: rxy > rtabel yaitu 0,491 > 0,176. Maka hipotesis yang berbunyi terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar siswa sekolah dasar negeri di kelurahan Tanah Enam Ratus Medan Marelan T.A 2013/2014, diterima. Berdasarkan hasil pengujian dan dengan diterimanya hipotesis penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar siswa sekolah dasar negeri di Kelurahan Tanah Enam Ratus Medan Marelan T.A 2013/2014. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemampuan berkomunikasi yang dimiliki guru, maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Suc h |
Keywords: | Kemampuan Berkomunikasi; Proses Pembelajaran; Bentuk-bentuk Komunikasi; Alat Bantu; Motivasi Belajar; Motivasi Dalam Pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 06:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7556 |