Lubis, Inggriani (2014) MENINGKATKAN HASIL BLAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DI KELAS IV SDN 060827 JL. SM. RAJA KECAMATAN MEDAN AMPLAS T.A 2013 / 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111030 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103111030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (873kB) | Preview
1103111030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
1103111030 ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
1103111030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
1103111030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103111030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103111030 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1103111030 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1103111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan metode Everyone is Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa pada materi pokok menulis pantun anak yang menarik dari berbeagai tema berdasarkan ciri-ciri pantun di kelas IV SDN 060827 Jl. SM. Raja Kecamatan Medan Amplas TA 2013/2014?. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode Everyone is Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok menulis pantun anak yang menarik dari berbeagai tema berdasarkan ciri-ciri pantun di Kelas IV SDN 060827 Jl. SM. Raja Kecamatan Medan Amplas TA 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek seluruh siswa kelas IV sebanyak 35 orang siswa. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus yang terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan test hasil belajar. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa meningkat, bila tingkat ketuntasan klasikal sebesar ≥ 80. Berdasarkan analisis data pada saat pretes dari 35 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 6 orang siswa 17,14% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 29 orang siswa 82,85% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 54,28. Pada siklus I terdapat terdapat sebanyak 18 orang siswa 55,42% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 17 orang siswa 48,57% mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata nilai rata-rata 65,42. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 31 orang siswa 88,57% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 4 orang siswa 11,42% yang tuntas dengan nilai rata-rata 82. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Everyone is Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahsa Indonesia materi menulis pantun anak yang menarik dari berbagai tema berdasarkan ciri-ciri pantun di kelas IV SDN 060827 Jl. SM. Raja Kecamatan Medan Amplas TA 2013/2014. Peneliti menyarankan agar guru bidang studi Bahasa Indonesia lebih meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia melalui metode Everyone is Teacher Here.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.659 8 Lub m |
Keywords: | Hakekat Belajar; Metode Pembelajaran; Tujuan Belajar; Hakekat Pembelajaran Bahasa Indonesia; Hasil Belajar; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 06:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7555 |