SINTASARAINI (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA DI TK TRI KARYA , JALAN A.R. HAKIM GANG. KOLAM NO.24 A MEDAN. SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109098035 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
109098035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
109098035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
109098035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109098035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109098035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109098035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109098035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109098035 BAB I.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
109098035 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109098035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam keterampilan berbicara masih kurang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara anak khususnya, melalui model pembelajaran tebak kata di TK TRI KARYA, Jalan A.R. Hakim Gang. Kolam No.24 A Medan. Semester genap tahun ajaran 2012/2013.Subjek penelitian ini adalah anak kelas B TK TRI KARYA, Jalan A.R. Hakim Gang. Kolam No.24 A Medan. Penentuan subjek ini diperoleh berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti dan saran dari kepala sekolah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II.Hasil observasi dan refleksi pada siklus I setelah kegiatan model pembelajaran tebak kata terdapat sebanyak 2 orang anak (8,7%) tergolong tinggi, 21 orang anak (91,3%) tergolong rendah. Halini menunjukan bahwa kegiatan model pembelajaran tebak kata yang dilakukan pada siklus I dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak mampu optimal karena masih terdapat 21 (91,3%) anak yang tergolong rendah, sehingga perlu dilakukan pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II dilakukan perbaikan pembelajaran dengan tetap melalui kegiatan model pembelajaran tebak kata, setelah tindakan siklus II dilakukan , terdapat 14 orang anak (60,86%) tergolong sangat tinggi, 8 orang anak (34,8%) tergolong tinggi, 1 orang anak (4,34%) tergolong rendah. Selanjutnya dari hasil observasi pada siklus II sebagai bentuk pembaikan dari siklus I diperoleh tingkat keterampilan yang tinggi.Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran tebak kata dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun pada tema alam semesta di TK Tri Karya, jalan A.R. Hakim Gang. Kolam No.24 A Medan. semester genap tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.014 Sin m |
Keywords: | Keterampilan; Berbicara; Perkembangan; Ukuran Kemampuan Berbicara; Model Pembelajaran; Tebak Kata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7552 |