Surnati (2013) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B MELALUI METODE BERCERITA DI TK IPC GAYO LUES T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109098040 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
109098040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
109098040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
109098040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109098040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109098040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109098040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109098040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109098040 BAB I.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
109098040 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109098040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah kegiatan metode bercerita untuk meningkatkan kemandirian anak usia 5-6 tahun Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah (1). Setelah anak siap bermain mainannya ditinggalkan begitu saja. (2). Anak belum dapat buang air besar/ kecil sendiri. (3). Anak belum bisa Memakai pakaiannya sendiri. (4). Di rumah anak selalu mendapatkan apa yang diinginkan dari orang tua dan segala kebutuhannya selalu dilayani oleh orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bercerita dapat Meningkatkan Kemandirian anak usia dini kelompok B usia 5-6 tahun di TK IPC Gayo Lues.. Hasil penelitian pada siklus I adalah Pada pertemuan 1 dari 20 anak yang memiliki perkembangan kemandirian ada 18 anak (90%) tergolong cukup dan 2 anak (10%) tergolong kurang. Pada pertemuan 2 ada 20 anak (100%) tergolong cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan perkembangan yang siknifan, pada pertemuan 1 ada 5 anak (25%) tergolong sangat baik, 14 anak (70%) tergolong baik dan 1 anak (5%) tergolong cukup. Pada pertemuan 2 ada 13 anak (65%) tergolong sangat baik dan 7 anak (35%) tergolong baik.Dari penelitian yang dilakukan pada siklus I dan siklus II bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemandirian anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.019 Sur m |
Keywords: | Kemandirian AUD; Faktor-faktor; Metode Bercerita Bagi Anak TK; Teknik Metode Bercerita; Tujuan Metode Bercerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7551 |