Dame, Vinta (2013) PENGGUNAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK ADVENT – 2 MEDAN T.A 2012 – 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108314026 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
108314026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
108314026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
108314026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
108314026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
108314026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108314026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108314026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
108314026 BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
108314026 BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
108314026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dikarenakan adanya masalah yang dihadapi oleh guru, dimana masalah yang muncul adalah kurangnya perhatian pendidik terhadap pengembangan kognitif anak. Masalah ini menjadi motivasi bagi penulis untuk melakukan suatu penelitian dengan menggunakan media kartu bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5 – 6 tahun melalui kegiatan media kartu media kartu bergambar di kelas TK ADVENT – 2 Medan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti terlebih melakukan obsevasi pembelajaran dikelas untuk mengetahui cara belajar anak di dalam kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas Cinta yang berjumlah 18 orang anak yang terdiri dari 10 anak laki- laki dan 10 anak perempuan. Penentuan subjek berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang diteliti. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari siklus I terdapat 1 orang anak (5.55%) yang memiliki tingkat kognitif kurang, 13 orang anak (72.22%) yang memiliki tingkat kognitif cukup, 2 orang anak (11.11%) yang memiiki tingkat kognitif baik, dan 2 orang anak (11.11%) yang memiliki tingkat kognitif sangat baik. Sedangkan pada siklus II tidak terdapat anak yang memiliki tingkat kognitif kurang, 8 orang anak (50.0%) yang memiliki tingkat kognitif cukup, 6 orang anak (33.3%) yang memiliki tingkat kognitif baik, dan 3 orang anak (16.7%) yang telah memiliki tingkat kognitif sangat baik. Teknik analisis yang dilakukan adalah dengan menggunakan observasi perkembangan kognitif anak dengan indiktor sebagai berikut: menyebutkan warna dasar, mengenal ukuran, berani menerima tugas, memecahkan masalah yang ada, memasangkan benda sesuai dengan pasangannya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui media kartu bergambar dapat mengembangkan kognitif anak. Oleh karena itu, media kartu bergambar dapat diterapkan pada pembelajaran sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak di kelas Cinta di TK ADVENT – 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.022 3 Dam p |
Keywords: | Media Pembelajaran; Anak Usia Dini; Kartu Bergambar; Karakteristik; Pemilihan Media Gambar; Perkembangan Kognitif; Faktor-faktor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7541 |